Tuesday, May 5, 2015

Persiapkan Liburanmu Bersama Mister Aladin, Teman Travel Terbaikmu


Dalam mempersiapkan suatu perjalanan, sekarang itu gampang-gampang susah. Dikatakan gampang karena kini kian marak travel agency berbasis online, efektif dan efisien. Kalau susahnya itu saat pilih-pilih online travel agency mana yang akan kita gunakan, sangking banyaknya terkadang kita dibuat bingung. Belum lagi fitur-fitur dan penawaran yang disediakan sama-sama menariknya. Bingung deh. Tapi tenang, Mister Aladin akan membantumu dalam urusan mempersiapkan perjalananmu. Singkatnya Mister Aladin itu akan menjadi teman travel terbaikmu.

Menurut penulis, terdapat empat hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan, baik perjalanan bisnis maupun liburan. Yakni: tujuan perjalanan, barang bawaan, transportasi dan akomodasi. Keempat hal tersebut tak dapat dipisahkan satu sama lain.

Penulis sendiri punya satu wishlist berupa perjalanan impian berlibur ke Bali. Kenapa harus Bali? Apa tidak terkesan mainstream? Bali lagi, Bali lagi. Mungkin itu tanggapan segelintir orang yang sudah sering mengunjungi Bali. Tetapi tidak untuk aku, ya, aku baru satu kali mengunjungi Pulau Dewata tersebut. Itu pun beberapa tahun silam saat duduk di bangku SMP. Beramai-ramai dengan teman satu angkatan.

Hasrat untuk ingin menyambangi Bali timbul kembali saat teman-teman kelasku saat ini, classmates di kelas XII Gambar Bangunan 2. Mereka berinisiatif untuk berwisata ke Bali setelah Ujian Nasional berlangsung. Ini bukanlah perjalanan perpisahan kelas pada umumnya saat menginjaki semester akhir atau saat akan lulus. Ini murni perjalanan untuk berlibur saja, karena kelulusannya masih tahun depan. Lah kok tahun depan, bukannya sekolahnya cuma tiga tahun saja ya.

Berbeda di sekolahku yang menganut sistem pendidikan selama 4 tahun. Jadi, 3 tahun teori di sekolah dan 1 tahunnya lagi praktek di dunia industri. Liburan ke Bali ini diadakan untuk refreshing, melepas beban menjelang Ujian Nasional. Dan menjadi ajang kumpul bersama karena mulai pertengahan tahun ini, kita akan berpisah selama satu tahun. Hiks.

Persiapan sebelum hari keberangkatan telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Aku pun pernah terlibat dalam tim yang mempersiapkan perjalanan ini. Sayangnya, beberapa minggu sebelum keberangkatan aku memutuskan untuk tidak ikut liburan. Keputusan yang berat. Tapi mau diapakan lagi, memang ada suatu kondisi yang membuatku tidak bisa ikut liburan bersama mereka. Beberapa teman juga ada yang tidak ikut sih. Hari keberangkatan itu pun tiba, aku hanya berdiam diri di rumah ditemani gadget yang rentan rusak.

"Selamat jalan teman-teman, selamat bersenang-senang.", begitula tanggapanku saat melihat status teman-temanku di Blackberry Messanger. Kebanyakan mereka meng-update, "Bismillah, Bali" atau "On the way, Bali".

Sepulang dari Bali, teman-temanku tersebut dengan bangganya menunjukkan foto-foto selama di Bali. Memasang raut wajah sok tegar, aku mencoba menerima kenyataan bahwa aku tidak jadi berlibur ke Bali. Foto-fotonya berjumlah sampai ratusan buah. Foto bergaya narsis dari full body hingga hanya kakinya saja, ada. Beberapa objek wisata mereka sambangi. Menikmati sejuknya Bedugul sampai birunya Pantai Pandawa, telah lakoni.


Kenangan bersama teman-teman SMP saat berlibur di Bali. (Dokumen Pribadi)


Semenjak itulah aku berkeinginan untuk berlibur ke Bali pula. Hiks. Sedih nian kala mendengar celotehan dan cerita-cerita selama perjalanan mereka ke Bali. "Suatu saat, entah itu besok, lusa, minggu depan, atau kapan. Aku pasti berlibur ke Bali lagi kok. Pasti!", gumamku dalam hati.

Begitulah sedikit cerita atau lebih tepatnya curahan hati, mengapa aku memilih Bali menjadi tujuan perjalananku berikutnya. Dan setelah membaca buku kisah perjalanan seorang solo traveler ternama, aku pun ingin mencoba sensasi ber-solo traveling. Berlibur sendiri.

Kembali lagi seputar hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan. Satu poin telah dilakukan, yakni menentukan tujuan liburan. Untuk urusan barang bawaan mah, aku akan membawa barang-barang seperti biasanya. Beberapa pakaian, peralatan mandi, gadget dan obat-obatan pribadi. Urusan transportasi, sekarang tiketnya juga sudah dapat dibeli online.

Mister Aladin, Teman Travel Terbaikmu


Hmm, sekarang aku bingung untuk urusan akomodasinya. Sesampainya di Bali aku ingin menginap kemana ya? Setelah browsing sana-sini, akhirnya aku bertemu dengan satu online travel agency yang menawarkan jasa booking hotel. Mister Aladin, namanya.

Hotel mana yang akan kamu pilih?

Mister Aladin? Berarti kamu akan menginap di sebuah istana, dong? Tidak, teman-teman. Itu hanya sebuah dongeng klasik. Di Mister Aladin ini kita dapat memesan hotel sesuai keinginan kita. Banyak pilihan hotel di beberapa kota yang dapat kalian pilih.

Cara pemesanannya cukup mudah, tinggal mengetik kota mana yang akan kita tuju, tanggal reservasi, jumlah tamu dan jumlah kamar. Selanjutnya akan tertera hotel-hotel yang dapat kita pesan nantinya. Istimewanya di Mister Aladin ini, kita dapat mem-filter hotel yang kita inginkan. Filter berdasar nama hotel atau brand, rating hotel, rating tripadvisor dan harga. Kita juga dapat melihat rating hotel dari banyaknya jumlah tamu yang merekomendasikan.

Jika kita mengklik nama hotel tersebut, akan tertera informasi mengenai lokasi hotel, rating hotel, pilihan kamar yang disediakan, lengkap beserta review singkatnya. Harga yang dipatok hotel-hotel tersebut akan muncul disamping nama hotelnya. Sebagian hotel juga menawarkan potongan harga. Harga sudah termasuk pajak dan layanannya.

Ingin rasanya aku langsung memesan hotel di Mister Aladin. Sayangnya, apa daya isi dompet berbicara lain.

Oh ya, tak hanya jasa booking hotel saja lho yang dapat dilakukan di Mister Aladin. Masih ada yang namanya "Deals". Di halaman depan website tertera beberapa penawaran dengan harga miring. Mulai dari kategori hotel, tour package, spa, activity, F&B, day trip, car rental dan entrance ticket. Untuk lebih lengkapnya kalian dapat mengklik menu "Deals" di bagian atas website. "Deals" tersebut dapat disesuaikan dengan tujuan yang akan dikunjungi. Berhubung liburan impianku ini mau ke Bali, aku memilih Bali di tujuan perjalananku.

Deals seru dan menarik, bingung memilihnya.
Cukup banyak penawarannya, aku dibuat kelagapan. Terlebih lagi harganya teramat murah. Bayangkan saja untuk sebuah Paket Honeymoon selama 3 hari 2 malam di Tanadewa Luxuy Villas & Spa mulai dari Rp 3.999.000. Padahal di harga aslinya tertulis harga Rp. 12.428.000. Jauh banget kan perbandingannya. Ah, enak kali ya berbulan madu pesannya di Mister Aladin. Kapan ya? Kalau tidak percaya cek sendiri gih di website-nya.

Iseng-iseng aku membuat list penawaran apa saja yang aku inginkan. Pertama, aku memilih deal "3D2N Deluxe Room + Spa at H Sovereign Bali" dengan harga mulai Rp. 1.100.000. Harga yang sangat murah menurutku di Bali untuk menginap di hotel berbintang 4, plus spa. Belum lagi layanannya yang aduhai sangat menggoda. Kamarnya tipe Deluxe, bung!

Selanjutnya, untuk daftar objek wisata yang ingin dikunjungi ada liburan unik dan seru di Desa Trunyan, Bali atau Bali Cooking Tours, serta beberapa wahana permainan air seperti banana boat, flying fish, parasailing dan beberapa lagi.

Sambil melihat-melihat penawaran tersebut, aku langsung membayangkan betapa asyiknya perjalananku di Bali ini bila benar-benar terwujud. Semoga saja. Ada satu hal yang perlu diperhatikan saat mencari penawaran di Mister Aladin, ialah adanya batas waktu penawaran. Sebelum penawaran ditutup, ada baiknya kalian memesan lebih cepat. Ketika ada penawaran lama ditutup, penawaran baru akan bermunculan. Tentunya akan lebih menarik dan seru.
 


Demikianlahlah dua layanan yang dapat kita gunakan di Mister Aladin, Booking Hotel dan Deals seru. Ah, kapan liburanku ke Bali terwujud ya mumpung banyak potongan harga di Mister Aladin, nih?

Dua layanan tadi dapat kita akses melalui website-nya: http://www.misteraladin.com/. Bicara seputar website pasti akan berhubungan dengan yang namanya UI (User Interface) dan UX (User Experience) ternyata ada 4 poin yang diperhatikan dalam User Interface-nya atau interaksi dengan pengunjung, diantaranya: content, coloring, design dan text.

Dari segi content —konten, di Mister Aladin ini terlihat jelas konten yang bagus, jelas, dan tidak membingungkan user yang sekaligus akan menjadi calon konsumen. Dari halaman awalnya saja terpampang slideshow yang memiliki penjelas isi website secara singkat, padat, dan jelas. Konten-kontennya tak melulu tulisan saja, tapi dilengkapi dengan gambar dan foto-foto penunjang. Mungkin dengan konten seperti ini, user akan lebih berlama-lama nongkrong di Mister Aladin dan mengubek-ubek isi di dalamnya. Website ini juga memanjakan mata dengan suguhan foto suasana hotel atau suatu objek wisata, otak kita juga dimanjakan dengan informasi yang bermanfaat. Semisal kita tidak jadi memesan di Mister Aladin, setidaknya kita telah mengetahui referensi objek wisata. Referensi lebih lengkapnya lagi dapat kita temukan di blog-nya Mister Aladin.

Selanjutnya, untuk coloring atau pewarnaan. Menurut pengamatanku sudah cukup baik, tidak terlalu banyak warna yang mencolok dan membuat pusing saat dilihat. Warna biru, putih, serta sedikit kuning diusung oleh Mister Aladin. Paduan warnanya yang apik membuat siapa saja mengunjungi Mister Aladin akan betah. Aku sangat warna-warna tersebut, terlebih warna biru. Cenderung fresh dan elegan.

Untuk design —desain website. Pada website ini tampak jelas rancangan desain yang sangat baik, sesuai dengan aturan dalam pembangunan interface sebuah web. Terlihat mana yang termasuk konten dan mana yang bukan. Penggunaan background yang sederhana justru tak membuat aneh website ini. Sehingga dengan tampilan desain seperti ini, pengunjung tidak akan kebingungan dalam mencari apa yang ingin dicari dari web Mister Aladin. Termasuk layanan booking hotel dan deals.

Sedangkan untuk logo, kendati namanya terkesan ke-Barat-Barat-an tetapi logonya Indonesia banget. Terlihat ikon bergambar monokel dan blangkon yang ada di kepala beserta wajah. Dengan makna, logo tersebut menggambarkan kemudahan dalam mencari destinasi yang diinginkan. Terakhir mengenai text. Font yang digunakan tidak terlalu banyak dengan jenis font yang aneh-aneh. Hanya memakai jenis font yang umum sering digunakan, serta mudah dibaca semua orang. Penataannya juga cukup baik.

User interface yang digunakan Mister Aladin termasuk dalam Graphic User Interface (GUI), sederhananya GUI adalah suatu media virtual yang dapat membuat pengguna memberikan perintah tertentu pada komputer tanpa mengetik perintah tersebut, namun menggunakan button, toolbox, text area, gambar, dan masih banyak lagi.

Dengan tipe interaksi menu selection —pilihan berbentuk menu dan form fill-in —pengisian form. Dijamin website Mister Aladin ini mudah dimengerti kontennya dan tidak membingungkan. Jika masih bingung, tenang saja, ada customer service atau chatbox yang akan membantu kalian.

Sedangkan bagiamana User Experience-nya? Website ini terbilang sudah bagus UX-nya. Terbukti dari website yang usable, consistent dan subjective, sama seperti yang sebelum-sebelumnya telah disampaikan.  Apakah website Mister Aladin hanya dapat di web browser saja? Tidak, saudara-saudara. Sebab, website ini sudah mobile friendly yang dapat diakses di segala macam gadget dengan tampilan yang menyesuaikan.

Kita juga dapat menjadi anggota di Mister Aladin dengan mendaftarkan akun baru. Dengan akun ini kita dapat me-manage bookings kita. Tersimpan dengan baik riwayat bookings kita, baik yang terdahulu atau yang akan datang. Tersedia e-book Travel Guide yang dapat diunduh secara gratis. Saat mencoba men-download, ternyata e-book ini edisi Bali saja. Yeay, Bali!

Agar tidak ketinggalan penawaran eksklusif dari Mister Aladin, kalian dapat menerima informasi langsung Mister Aladin mengenai penawaran-penawaran baru. Caranya cukup mudah, cuma tulis aja alama emailmu di form yang ada di pojok kanan website.


Keunggulan di Mister Aladin


Sudah menemukan hotel yang ingin dipesan atau deals yang dibeli? Bagaimana dengan cara pembayarannya? Seperti online travel agency pada umumnya, kita dapat memilih berbagai cara pembayaran. Setelah mengecek benar-benar data pemesanan dan total pembayarannya, selanjutnya pilih cara pembayarannya. Dapat melalui kartu kredit, ATM automatic, mandiri clickplay, CIMB clicks, maupun transfer. Detail pembayaran tertera lengkap di samping kanan pilihan pembayaran.

Tekan tombol "Bayar" jika kalian telah memilih cara pembayarannya. Sebelumnya jangan lupa baca Syarat & Ketentuan dan Kebijakan Privasinya, lalu dicentang. Sebab, kita juga diminta mengisi form data diri pemesan.

Dari pemaparan sebelumnya dapat disimpulkan keunggulan-keunggulan yang didapatkan di Mister Aladin ini, diantaranya:

  1. Hotel & Deals Murah. Di Mister Aladin kita akan menemukan berbagai pilihan Hotel & Deals seru dengan harga terbaik.
  2. Transaksi Online Aman. Jaminan aman teknologi Secured Rapi SSL memberikan privasi dalam setiap transaksi.
  3. Bebas Biaya Transaksi. Nah, pembelian di Mister Aladin tidak dikenakan biaya tambahan apa pun.
  4. Pembayaran Mudah & Cepat. Konfirmasi instan untuk pembayaran kartu kredit, internet banking, transfer bank & ATM.
  5. Pelayanan Terbaik. Tim lokal Mister Aladin yang ahli dan ramah selalu siap memudahkan perjalanan kalian.

Duh, semakin ingin cepat-cepat berlibur nih ceritanya. Ternyata ada online travel agency yang sekaligus menjadi teman travel terbaikmu, Mister Alain. Sebelum mengakhiri tulisan ini, saran untuk pengembang mungkin perlu menyertakan konten berisikan testimonial para konsumen yang telah mencoba Mister Aladin. Agar lebih banyak lagi pengunjung semakin tertarik menggunakan Mister Aladin. Semoga keinginan perjalanan liburan impianku ini segera tercapai, ya. Semoga saja. Amin. Karena beberapa "Deals" yang minimal dua orang, aku akan mengajak teman-temanku lainnya. Yah, tidak jadi solo traveling dong.



Terakhir mengutip kata-kata dari St. Agustine, dimana beliau mengatakan:

"The world is a book and those who do not travel read only one page."

So, tunggu apa lagi? Buruan rencanakan liburan impianmu bersama Mister Aladin, teman travel terbaikmu.

Selama ber-traveling semuanya!

Surabaya, 5 Mei 2015 | Muhammad Fathur Rosiy



Mister Aladin

http://www.misteraladin.com/

MNC Tower, Lt. 21
Jl. Kebon Sirih Kav. 17-19
Jakarta 10340
Indonesia

Telepon: 021 - 3983 6900
Email: cs@misteraladin.com
Blog: http://blog.misteraladin.com/
Facebook: Mister Aladin
Twitter: @MisterAladinID
Instagram: MisterAladin


Referensi:
  1. Mister Aladin: http://www.misteraladin.com/. Diakses 5 Mei 2015.
  2. Okezone | Mister Aladin Mudahkan Traveler Berwisata: http://lifestyle.okezone.com/read/2015/04/23/406/1139034/mister-aladin-mudahkan-traveler-berwisata/. Diakses 5 Mei 2015.
  3. Berbagi Ilmu's Blog | User Interface: http://fiki-zibe.blogspot.com/2015/04/user-interface.html/. Diakses 5 Mei 2015.

21 comments:

  1. Semoga beruntung~ masih nunggu travel deal 10 ribu dari si mister nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yang ke Thailand bukan sih bang? Mau juga dong deals 10ribu-an.

      Delete
  2. Replies
    1. Deals di Mister Aladin sangat menggiurkan.

      Delete
  3. Kayaknya sayang kalau liburan cuma berdua kalau banyakan makin seru nih liburannya (kayaknya) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung liburannya juga sih. Kalau berduaan kan lebih romantis.

      Delete
  4. Tuhkan bener... Ini pasti diikutin lomba writing competition... Haha di facebook ada yg share lomba ini jugakk :))

    ReplyDelete
  5. Hehehehe, ujung-ujungnya ini tulisan diikutin lomba. :)

    Gue belum pernah ke Bali. Pengin rasanya. Aaaaaakkkkkk.

    ReplyDelete
  6. mau donk...ikutan ke Bali juga...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaudah, berangkat sendiri aja mbak:p

      Delete
  7. Belum pernah nginjakin kaki di Bali :D Jadi pengen kesana :D

    ReplyDelete
  8. Semoga menang ya Rosiy...tulisannya bagus, komplit :D

    ReplyDelete
  9. ayoo ayooo..semoga menang, biar bisa ke Bali lagi segera :)

    ReplyDelete
  10. Aku pengennya ke Cilegon, bukan Bali >_< tapi thanks ya, ada referensi baru buat sistem booking.

    semoga, menang kompetisinyaaaaa

    ReplyDelete
  11. By using Car Rental 8 you can find the cheapest car rental from over 50000 locations worldwide.

    ReplyDelete