Monday, May 4, 2015

Parade Budaya dan Bunga HUT Surabaya ke-722


Dalam memperingati hari jadinya yang ke-722, Pemerintah Kota Surabaya kembali menyelenggarakan acara tahunan mereka pada Minggu, 3 Mei 2015. Acara bertajuk Parade Budaya dan Bunga ini diselenggarakan pagi hari, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Menyuguhkan pawai mobil hias, kesenian daerah, komunitas dan masih banyak lagi lainnya. Parade ini start di Tugu Pahlawan dan akan finish di Balai Kota Surabaya, khusus untuk mobil hias akan dilanjutkan hingga Taman Bungkul.

Dengan jumlah peserta yang lebih banyak, parade ini berlangsung meriah. Terbukti dari banyaknya warga yang ingin melihat. Meskipun sempat turun gerimis selama acara berlangsung, antusiasme warga Surabaya dan sekitarnya tak surut untuk melihat parade ini. Menurut warga, justru dengan cuaca mendung ini sangat membantu warga yang ingin melihat. Sebab, mereka tak lagi berpanas-panasan.

Barisan Paskibraka menjadi pembuka parade, dilanjutkan dengan iring-iringan kesenian daerah, marching band, komunitas yang ada di Surabaya, mobil hias dan masih banyak lagi lainnya. Untuk mobil hias, semua peserta berlomba-lomba menampilkan suguhan yang terbaik. Semuanya terlihat kreatif dan interaktif. Ada juga Parade Topeng oleh siswa-siswi se-Surabaya dan Parade Manten. Tak hanya kebudayaan Surabaya yang ditampilkan, masih ada daerah-daerah lain dari luar Surabaya.

Serba unik dan spektakuler!

Perhatian! Berikut slideshow foto-foto kemeriahan Parade Budaya dan Bunga HUT Surabaya ke-722  —dokumen pribadi (Disarankan untuk membuka artikel ini melalui web browser):

Ayo didelok, rek...






Istimewanya dari parade di Surabaya ini ialah kendati terlihat warga yang ingin menyaksikkan parade ini membludak di jalanan. Hal ini tidak menjadi penghambat jalannya acara. Banyak warga yang mengambil foto dan selfie bersama peserta parade. Dengan sadarnya, setiap ada konten parade yang membutuhkan space lebar warga berbondong-bondong menepi ke sisi jalan. Dan ketika melihat konten berikutnya tidak begitu besar, warga langsung kembali memadati area tengah yang dijadikan jalannya peserta parade. Warga ingin melihat peserta para dari dekat.

Aku melihat parade ini secara marathon, mulai dari depan Gedung Grahadi. Menuju area Balai Pemuda hingga berakhir di Balai Kota Surabaya. Di Balai Kota tersebut, terdapat area bagi Ibu Risma selaku Walikota Surabaya dan beberapa undangan pemerintah kota.  Aku pun berhasil duduk di area depan kursi undangan agar dapat mendapatkan hasil foto yang bagus. Meskipun terkadang harus disuruh menepi karena menghalangi tamu undang, tapi aku tetap bertahan di lokasi tersebut. Ya, meskipun duduknya hanya di pelatarannya saja.

Dari lokasi tersebut aku mendapatkan view parade yang lebih lega dan bisa melihat sosok Ibu Risma dari dekat. Satu hal yang aku perhatikan dari sosok beliaulah ialah sosoknya yang apa adanya. Saat itu beliau melepas selempang bertuliskan 'Walikota Surabaya' dengan alasan kegerahan. "Sumuk aku nggawe iki (Gerah aku kalau pakai ini selempang yang tadi digunakan)", ujarnya. Dan setiap ada mobil hias yang kesulitan masuk ke dalam area Balai Kota, beliau langsung berdiri dan keluar memastikan apa mobil tersebut dapat masuk atau tidak.

Parade ditutup dengan belasan Reog Ponorogo dari perkumpulan yang berbasis di Surabaya. Melalui acara ini, menjadi ajang unjuk bakat dan kebudayaan yang ada di Indonesia. Sekaligus menjadi media untuk menggaet wisatawan datang ke Surabaya.

Seusai parade tampak pasukan petugas kebersihan dengan sigap membersihkan sampah yang ditinggalkan warga yang menyaksikkan parade ini. Jalanan pun langsung tersapu bersih seakan tak pernah ada acara besar yang terjadi disana. Para pengunjung juga mendapatkan buah tangan berupa bunga-bunga yang diambil dari mobil hias.

Bagaimana meriah tidak?

Petugas kebersihan membersihkan sampah bekas parade berlangsung.



Sampai berjumpa di Parade Budaya dan Bunga tahun depan!

Masih banyak rangkaian acara memperingati Hari Jadi Kota Surabaya ke-722 yang berlangsung di bulan Mei ini, jadwal lengkap dapat dilihat di:
Peringatan Hari Jadi Kota Surabaya ke-722


32 comments:

  1. hahaha, surabay lagi.. surabaya lagi. mantap memang kota ini! bu risma keren :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ditunggu Jev kunjungannya di Surabaya:D Mumpung bulan Mei ini banyak acara HJKS ke -722.

      Delete
  2. ih keren, semoga bisa mjd daya tarik wisatawan, abang ikutan parade juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, semoga kedepannya event ini dapat berkembang hingga mencakup skala internasional:D
      Gak ikutan, cuma jadi tukang foto iseng aja hehehe....

      Delete
    2. Gagal paham sama kalimat ini -> "Gak ikutan, cuma jadi tukang foro iseng aja." xD

      Delete
    3. Maksud tuh aku gak ikutan jadi peserta paradenya. Cuma jadi penonton biasa yang motret2 gitu *mencoba mengklarifikasi hahaha:D

      Delete
  3. Meskipun ramai, tetap menjaga kebersihan ya. bagus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyadong, kan sangat disayangkan kalau selesai acara lokasinya jadi kotor.

      Delete
  4. Keren mas....jd pengen ke surabaya...

    ReplyDelete
  5. keren surabaya, di medan ngga ada pawai2an begini, ramai dan keren

    ReplyDelete
  6. loh abang jga ikutan nonton... kok gg ktemu sma aq yahh .... :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan dong. Lah, mana tahu kalo situ juga ikutan nonton hehehe:D

      Delete
  7. Wah seru acaranya. Semoga tahun depan bsa tambah meriah lgi + bsa dtebg ke sana :D

    ReplyDelete
  8. Njuk pingin dolan nang suroboyo...
    Bah kampret kampret...

    Btw di hp foto diatas (slideshow) jadi nggak keliatan. Rusak gitu... Err

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo toh main2 ke Surabaya:D Mumpung lagi anniversary juga.
      Iya nih, fotonya banyakan takutnya kalo ga dibuat gitu entar jatuhnya panjang banget kena foto.

      Delete
  9. Keren. Bu Risma emang yahud.
    Acara tahunan seperti ini harus selalu diadakan pemda, karena ini jugalah salah satu hiburan rakyat kecil. Saya ingat dulu waktu kecil menunggu parade atau pawai yang diadakan sekali setahun setelah perayaan tujuh belasan.

    salam,
    http://alrisblog.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga periode berikutnya masih tetap Bu Risma:D
      Yap, bener banget. Kalo bisa lebih dikembangkan lagi tarafnya.

      Delete
  10. Kalau Rosiy konsisten menulis, suatu saat akan jadi penulis handal. Saya kagum dengan sampeyan, di umur yang masih muda sudah bejibun prestasi. Cobalah menulis tentang bangunan, tentang gambar, tentang bidang studi Rosiy. Itu jarang yang menulis. Saya yang kerja di bidang konstruksi di lapangan belum nulis tentang itu, hehe...
    salam sukses

    http;//alrisblog.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, terima kasih support-nya. Oke, kapan2 nanti aku mau posting seputar bangunan, nunggu kelas 4 aja.

      Delete
  11. Kayaknya seru kalo liat foto-foto di atas.
    Tapi keren sih, lanjutkan acara ini selama ga ngerusak/mengotori fasilitas umum. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang seru bang....
      Kapan lihat sendiri coba?

      Delete
  12. Aaah sayang banget aku kemaren gak bisa liat parade ini, ada acara lain. :((
    Enak yaaa bisa dapet bunga gratisan. :D:D Btw aku salut banget dengan sigapnya petugas kebersihan. Kereen. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kirain Mbak Ikka lihat juga ini parade hehe.

      Delete
  13. Surabaya emang keren dah, ini gak lepas dari Ibu Risma, selaku Walikota Surabaya, beliau mencopot selempang, kayaknya bukan karena gerah, beliau pengen membaur, dan juga beliau tidak hanya duduk, tapi memantau kelancaran acara langsung ke lapangan. Acaranya juga berlangsung meriah, warga juga sadar ketika ada pengisi acara yang perlu space lebar mereka menepi, tidak melulu mengerubungi. Dan juga, pas selesai, petugas kebersihan dengan sigap menyapu, ini juga pasti bisa dilakukan karena rakyatnya gak banyak yang buang sampah sembarang. Surabaya emang keren!

    ReplyDelete
  14. Wah, Surabaya keren ya. Punya ide-ide kreatif pemkotnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada banyak lagi loh bang acara anniversary celebration-nya.

      Delete
  15. Itu ibuk-ibuk ngambil bunga krisannya banyak amat yak. Muahahah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada lagi yang lebih banyak dan lebih bagus dari itu Beb....

      Delete
    2. Bunga Sedap Malam ada ngga? Wanginya enak loh itu :'

      Delete