Saturday, May 23, 2015

Kado Istimewa di Tanggal 22 Mei 2015



Sejujurnya tidak ada tanggal istimewa di tanggal 22 Mei 2015, terkecuali pada tanggal tersebut sekolahku genap berusia 40 tahun. Tepat pada 22 Mei 1975 sekolahku didirikan, SMK Negeri 5 Surabaya. Sekolah yang dikenal juga dengan sebutan STM Pembangunan Surabaya. Terang saja, dahulunya sekolahku ini merupakan salah satu sekolah rintisan proyek PELITA. Diresmikannya saja langsung oleh Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto.

Terlepas dari wacana pembangunan Sentra PKL di lahan sekolah yang mengundang kontroversi di akhir-akhir ini. Sekolahku patut berbangga, sebab pada pengumuman hasil UN yang lalu salah satu siswanya berhasil menembus peringkat ke-2 hasil UN SMK terbaik se-Provinsi Jawa Timur. Dan satu-satunya SMK di Surabaya yang bertengger di peringkat tersebut. Wah, semoga di tahun depan saat pengumuman hasil UN angkatanku hasilnya tak kalah baiknya dengan tahun ini. Hasil Ujian Nasional di sekolahku baru dilihat satu tahun kemudian, berbeda dengan rekan-rekan lainnya yang paling hanya sebulan saja. Maklum sekolahku menganut sistem pendidikan selama 4 tahun.

Prestasi tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya yang langsung berkunjung ke sekolahku. Sebuah kado istimewa, bukan. Meskipun begitu sekolahku masih dirundung pilu karena secuil lahannya akan dibangun Sentra PKL.



Pada perayaan Dies Natalis ke-40 ini dirayak dengan gegap gempita dan suka cita. Rangkaian acara pun digelar sebegitu rupa untuk menyemarakkan perayaan ini. Diantaranya pada tahun ini diadakan pemberian penghargaan bagi mereka yang berprestasi. Syukur Alhamdulillah, namaku tercantum dalam daftar nama siswa yang dikatakan berprestasi dan membanggakan nama sekolah. Kendati hanya mendapatkan sebuah medali saja tapi ini sangat bermakna bagi dan beberapa teman lainnya yang mendapatkannya juga. Sebab, tak mudah untuk mendapatkan predikat ini. Suatu kebanggaan tentunya bagiku dan menjadi kado istimewa, padahal ulang tahunku masih awal bulan depan. Eh, sudah dapat kado duluan.

Bicara Tentang SmartCity, Pulang Bawa Smartphone


Acara Dies Natalis di sekolahku berlangsung hingga sore, sayangnya aku tidak bisa hadir hingga sore. Berhubung aku sudah ada acara lainnya di Spazio, setelah Sholat Jum'at aku bergegas pulang ke rumah. Ganti pakaian, langsung melaju ke venue acara. Acara bertajuk Roadshow theNextDev ini merupakan rangkaian roadshow yang diadakan di 10 kota, ini kota ketiga setelah Medan dan Malang. thNextDev sendiri merupakan ajang kompetisi membuat aplikasi Smart City untuk memecahkan permasalahn sosial di berbagai kota di Indonesia. Dengan 6 sub-tema, yakni e-government, e-health, e-education, e-ukm, e-tourism, dan e-transportation. Untuk registrasi dan informasi selengkapnya dapat dilihat di: telkomsel.com/nextdev.



Pada acara ini digelar pula diskusi panel dengan tema "Developing SmartCity in Indonesia". Dimana pada diskusi ini menghadirkan Jaka Susanta --VP M2M Bussiness Telkomsel; Andreas Senjaya --CEO Badr Interactive; dan Ibnu Sina Wady --CEO GITS. Pada diskusi ini dijelaskan bagaimana tips dan trik dalam mengolah dan mengembangkan sebuah apps. Kan, sekarang sedang gencar-gencarnya bisnis berbasis digital creative.

Selama acara diadakan pula kompetisi #LiveTweet bagi para partisipan yang turut hadir pada kesempatan itu. Begitupula dengan aku, lumayan hadiahnya LTE Smartphone! Sengaja memilih tempat duduk yang dekat stopkontak agar tidak takut baterai lemah. Saat itu aku menggunakan laptop sebagai senjataku dan modem sebagai amunisinya. Sinyal ponsel waktu itu sedang tidak stabil, atau memang ponselku yang sudah ketinggalan zaman. Entahlah.

Semua partisipan antusias mengikuti rangkaian acara roadshow theNextDev ini. Hingga akhir acara mereka masih tenang di tempat duduk masing-masing. Di penghujung acara, diumumkanlah pemenang #LiveTweet. Tak disangka-sangka, akun Twitter-ku disebut oleh pembawa acara. Setengah tak percaya aku maju ke depan untuk serah terima hadiahnya. Yey, smartphone baru! Ini kado istimewa keduaku pada hari yang sama. Tau saja nih kalau ponselku yang dulu sudah katrok.

Alhamdulillah....

15 comments:

  1. Selamat ulang tahun buat sekolahnya bang, moga makin sukses! :D

    ReplyDelete
  2. Kereeeeeeeeeeeen. Selamat ya. Ini gak mau nyoba selfie hape baru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih bang. Ayo selfie bareng aja....

      Delete
  3. Asiiiiiik, ada yang punya hape baru. Injek dong, injek! Haha.

    Itu bisa dibilang sebagai kado buat ultah mendatang deh. Cieeee~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha:D Injek aja hape yang lama, hape kamu tapi :p

      Delete
  4. Oalah begini ceritanya. Aku gak tau kalo ada NextDev. Lagipula aku juga lagi ada kesibukan. --"

    ReplyDelete
  5. Kadonya benar-benar istimewa, apalagi yang terakhir. Keren... dapat smartphone baru yang lebih canggih dan sudah mendukung koneksi jaringan terbaru (LTE atau 4G).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyanih bang, gak nyangka juga kalo bakal dapet hape baru.

      Delete
  6. Lanjutkan tanggungjawab sbgai siswa berprestasi, dan jangan lupa syukuran hape barunya :D
    Salam.

    ReplyDelete
  7. keren dapet hadiah hp, udah ke sekolah bawa medali, pulangnya juga dapet hp, mantap :)

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillaaaah, semoga makin sukses dan selanjutnya dimudahkan yaaa :D

    ReplyDelete
  9. Whoaaaa selamat ulang tahun ya sekolahnya! Dan selamat juga buat kamu yang dapet medali, semoga selanjutnya dimudahkan ya :D

    ReplyDelete
  10. selamat atas smarphone barunya....wuihhh keren abizzz dah...

    ReplyDelete