Monday, April 20, 2015

#GagalMoveOn di Gelaran Ketujuh Indie Clothing Expo Surabaya

Ramai dipadati pengunjung yang berburu fashion item yang diinginkan. (Dokumen Pribadi)

Berbeda dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2015 ini Indie Clothing Expo (ICE) digelar lebih awal. Yakni, pada tanggal 17-19 April 2015. Bertempat di Grand City Surabaya, ICE menyuguhkan banyak konten yang dapat dinikmati oleh warga Surabaya dan sekitarnya. Tak hanya menyuguhkan pameran fesyen semata, acara ini juga diramaikan dengan festival komunitas, konser musik, dan masih banyak lagi.

Mars Radiance, salah satu clothing brand yang hadi di ICE. (Dokumen Pribadi)

Terbagi dalam dua venue, yakni Exhibition Hall dan Outdoor Area. Di Exhibition Hall kita dapat berburu fashion item yang kita inginkan, sedangkan di Outdoor Area menyuguhkan area konser musik lengkap dengan 'Wonderland Stage'-nya, foodcourt, dan festival komunitas. Tak kurang 50 band indie lokal akan meramaikan 'Wonderland Stage' tersebut selama tiga hari. Masih ada penampilan spesial dari Endank Soekamti, Blingsatan, Burgerkill, Sore, Bangkutaman, Taring, Fraud, serta Devadata.

'Wonderland Stage' dengan fans setia Endak Soekamti, berhubung idolanya belum tampil mereka duduk santai sambil menunggu. (Dokumen Pribadi)

Pada penyelenggaraan tahun ke-7 ini, ICE mengusung tema 'ICE IN THE WONDERLAND'. Pengunjung pun seolah dibawa dalam kemeriahan pesta musim panas. Khususnya bagi mereka, para fashion enthutiast pasti sangat terhibur dengana acara ini. Betapa tidak, lebih dari 130 brand clothing lokal dan industri-industri pendukungnya yang berasal dari 7 kota di Indonesia, diantaranya: Bandung, Jakarta, Jogjakarta, Solo, Surabaya, Malang dan Denpasar ikut mengambil andil dalam pameran fesyen ini. Kebanyakan dari brand tersebut berlomba-lomba menawarkan promo menarik untuk menggaet calon konsumen. Misalnya dari brand Erigo yang menawarkan promo beli 2 dapat 5 item jogger pants sekaligus.
 
Area festival komunitas di Indie Clothing Expo. (Dokumen Pribadi)

Banyak komunitas yang turut serta dalam festival komunitas ICE. Mulai dari komunitas kolektor piringan hitam, kolektor motor-motor jadul, doodle art, hingga komunitas fotografi pelukasi cahaya pun ada. Disana mereka juga berlomba untuk menjadi komunitas nomor satu dalam Community Championship.

Selama tiga hari berlangsungnya acara ini, pengunjung tak pernah sepi hilir mudik memadati area Exhibition Hall maupun Outdoor Area. Bagi pengunjung yang lapar pun tak perlu takut karena panitia menyediakan area food court dengan varian menu yang beragam. Grilled chicken wings menjadi salah satu menu yang selalu ramai dikunjungi.

Yummy, grilled chicken wings yang begitu menggunggah selera. (Dokumen Pribadi)

Kenang Kembali Kejayaan Era 90-an di #GagalMoveOn


Ada beberapa konten baru yang digelar pada tahun ini, sepeti ICE Agent dan Surabaya Highschool Creative Project. Dua konten tersebut ditujukan bagi pelajar SMA/SMK/sederajat. ICE Agent merupakan perwakilan tiap sekolah yang ditunjuk sebagai agen yang bertugas menjadi brand ambassador sekaligus official presale ticket agent di lingkungan sekolah masing-masing. Untuk Surabaya Highschool Creative Project sendiri terbagi dalam dua kompetisi, yakni: Kontes Video Instagram dan Business Plan Competition.

Terlihat dua cosplay pahlawan era 90-an, Wiro Sableng dan Gatotkaca di booth #GagalMoveOn. (Dokumen Pribadi)

Bersama empat teman-temanku, aku termasuk dalam dua tim terpilih Business Plan Competition yang berkesempatan untuk merealisasikan project-nya. Sebelumnya tim aku telah melewati serangkaian seleksi ketat. Awalnya, setiap tim mengumpulkan ide project yang akan direalisasikan ke pihak panitia. Selanjutnya, disaring 5 tim untuk mempresentasikan ide project-nya ke hadapan pihak juri. Akhirnya, tim aku lolos bersama tim dari SMA Negeri 2 Surabaya dengan One Stop Clean, usaha yang bergerak di bidang shoe laundry.

Pengunjung asyik bernostalgi dengan mainan jaman dahulu, (Kiri) Dakon dan (Kanan) Gimbot. (Dokumen Pribadi)

Project dari tim aku ialah membawa kembali ambience kejayaan era 90-an di tengah-tengah penyelenggaraan ICE, dengan nama project: #GagalMoveOn. Sengaja diberi nama #GagalMoveOn, supaya para pengunjung yang datang seolah gagal move on dari era-90-an. Meskipun secara pribadi mengaku belum maksimal dalam menampilkan fitur-fitur 90-an dalam booth berukuran 3x3 meter yang disediakan panitia.

Maklum saja, dalam mempersiapkan project ini hanya memakan waktu kurang dari satu Minggu saja. Itu pun belum terpotong persiapan menjelang Ujian Nasional dan pelaksanaan ujian itu sendiri selama 4 hari. Sepulang ujian di hari terakhir, aku langsung bergegas menuju venue untuk men-set up booth yang akan dipamerkan. Hingga larut malam masih berbalut seragam sekolah.

Ada juga penjual gulali model yang spesial didatangkan untuk para generasi 90an. (Dokumen Pribadi)

Setidaknya lima konten yang kami sediakan sudah cukup untuk bernostalgia kembali. Lima konten tersebut diantaranya: 'Back to 90's' exhibition; suguhan jajanan tempoe doeloe; pemutaran lagu-lagu lawas; cosplay pahlawan era 90-an; terakhir, bepe-bepean photo corner. Terbukti dari pengunjung yang datang ke booth kami merasa dibawa dalam mesin waktu, kembali ke era 90an. Penjual gulali model pun kami datangkan untuk mengembalikan kenangan manis bersama gulali yang menemani masa keci di era 90-an. Disini kalian bisa pesan gulali dengan rasa dan bentuk yang variatif. Hayoo, kapan terakhir kalian mengonsumsi gulali?

(Kiri) Jajanan tempoe doeloe dan (Kanan) ber-selfie ria dengan kartun 90-an. (Dokumen Pribadi)
Penentuan juara 1 dan 2 dilihat dari banyaknya balot dari tiket masuk pengujung ICE. Alhamdulillah, tim aku berhasil mendapatkan juara 1 dengan pengumpulan balot yang lebih banyak dari tim lawan. Lebih dari sebuah title juara, pada kompetisi kali ini banyak pelajaran yang dapat diambil. Selain mengajarkan bagaimana etika berbisnis dimulai dari awal, disini juga dilatih untuk membangun relasi bisnis. Ya, ini kesekian kalinya aku mengikuti kompetisi wirausaha dan beberapa diantaranya selalu membawa pulang gelar juara.

Foto bersama tim sukses #GagalMoveOn. (Dokumen Pribadi)

34 comments:

  1. dih, asik banget ye tuh bro. pengalaman baru banget kalau gue ikut begituan :")
    busett, masih ada aja yang main gimbot.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa di kota situ ga ada acara beginian nih, bro? Hehe.
      Itu gimbotnya sengaja aku tampilin lagi dalam kemasan 'back to 90's':D

      Delete
    2. Huahaha, masih punya gimbot? dirumah masih ada satu tuh~ tapi dah matik, nggak mau nyala. Acara kek gini bikin kangen tahun 90 an deh >,<

      Delete
    3. Kalo gimbot sih di pasaran masih banyak bang, itu aja beli baru *ehh.
      Disana juga banyak jajanan khas 90-an, lho.

      Delete
  2. acaranya seru dan meriah ya..mau juga donk aku main kesini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaknya sih kemaren gamau datang ke acaranya hehe. Kan bisa meet-up juga:D

      Delete
  3. sebagai anak 90an, saya merasa butuh kesini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya sudah selesai acaranya hehe, lain kali kalo ada lagi mampir lho ya.

      Delete
  4. Sebagai anak 90 an, gue tahu hal hal itu. Gimbot, kalau yg lebih mahal lagi tamagochi. Hahaha

    Keren boothnya. Kasih namanya ajal gagal move on. Njirrr. Itu yang datang pada ketipu kagak ya. Dikira booth untuk konsultasi yang susah move on :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren pas survey mainan jadul, aku ga nemuin tamagochi huhu. Padahal aku juga kangen sama mainan mungil tsb.
      Makasih lho ya:D Gagal move on yang ini berani beda hehe.

      Delete
  5. Rameee...wah ada Endang Soekamti ya.
    BTW selamat jadi juaranya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rame banget mbak, apalagi pas Endank Soekamti lebih pecah lagi ramenya sama para Kamtis.
      Makasih ya mbak:)

      Delete
  6. Wah, baru tau Indie Cloth gak cuma sekedar bazar dan konser. Ternyata ada kompetisinya juga. Sayang cuma buat anak SMA, aku gabisa ikutan dong. :))
    Keren banget!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya sebelum2nya udah ada kompetisinya ya mbak. Tapi, khusus ICE Agent sama Surabaya Highschool Creative Project baru dimulai tahun ini.

      Delete
  7. Selamat ya jadi juara I ...salam kenal ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya mbak ucapannya:) Salam kenal juga dari Galassia del Sogno.

      Delete
  8. Keren banget acaranya, ada endang sukamti jg ya....

    ReplyDelete
  9. Seru rame banget, eh aku punya topi ya mars dapat dari temen. Lumayan bagussss

    ReplyDelete
  10. Rame banget ya jadi ngiri mau ikutan selfie hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun depan kalau ada lagi dan sempat mampir jangan lupa mampir ya bang.

      Delete
  11. dompetnya harus tebal kalo kesini ya :p

    ReplyDelete
  12. Anak muda jaman sekarang kudu gesit kyk gini ni, sukses y acaranya

    Eh itu ayam wingsnya mengkilat...kyknya guri guri nyoi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak muda kalo gak gesit kalah sama siput dong entar:p
      Itu grilled chicken wings-nya wuenak mbak:D

      Delete
  13. Pengusaha clothing pada ngumpul semua dongs ya di sanaaa.. :D Kalok aku sih lebih peduli sama chicken wingsnya. Hihihi :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih menggoda makanannya ya mbak hehe:p

      Delete
    2. Iyaaa.. Aku seneng makan soalnya. Huahahahaaa :D

      Delete
  14. wah seru nih kayaknya,,pantesan aja gagal move on acaranya keren begini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah mbaknya bisa aja nih, tapi emang bikin gagal move on sih.

      Delete
  15. Keknya seru banget yah...
    Jaoh amat di surbay.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang seru bener:p Besok2 pindah ke Surabaya aja deh hehehe.....

      Delete
  16. Kaya ini ya, seperti nostalgia... Era 90-an.. masa paling menyenangkan. hihiihi

    ReplyDelete