Saturday, April 25, 2015

'Born to Shine', Ajang Pamer Karya Pelajar SMKN 12 Surabaya

Suasana ramai terlihat saat pembukaan acara berlangsung. (Dokumen Pribadi)

SMK Negeri 12 Surabaya kembali menggelar acara tahunan mereka, yakni Pameran dan Pagelaran Tugas Akhir. Mengambil tempat di Balai Pemuda Surabaya, acara ini berlangsung mulai tanggal 24 hingga 26 April 2015. Pada tahun ini mereka mengusung tema 'Born to Shine'. Acara ini menjadi ajang bagi pelajar tingkat akhir di SMK Negeri 12 Surabaya untuk show off hasil karya tugas akhir mereka ke masyarakat luas. Venue acara dibagi menjadi dua, pertama untuk pagelaran seni dan satunya lagi untuk area pameran. Dengan total 15 jurusan yang ada di sekolah ini, semua karya dari setiap jurusan diboyong ke acara ini.

Pagelaran Seni yang menyita perhatian pengunjung. (Dokumen Pribadi)

Aku yang ditunjuk sekolah menjadi perwakilan untuk menghadiri acara ini dibuat iri dengan karya-karya yang ditampilkan. Maklum saja, di sekolahku sendiri sampai saat ini masih belum ada acara serupa. Awal memasuki acara ini kalian akan disuguhkan Pagelaran Seni dengan konten-konten yang berbeda. Ada yang menampilkan suguhan musik; tari; teater; karawitan hingga pedalangan. Ya, kelima konten ini mewakili lima jurusan yang ada di SMKN 12 Surabaya. Yakni: jurusan Seni Tari, Seni Karawitan, Seni Pedalangan, Seni Musik, dan Seni Teater.

Lukisan buah tangan siswa-siswi jurusan Seni Rupa. (Dokumen Pribadi)

Selanjutnya, pengunjung akan dibawa ke area pameran. Karya-karya lukis dari pelajar jurusan Seni Rupa akan menyambut kita. Lukisan yang ditampilkan pun tak kalah bagus dengan para pelukis maestro, lho. Di area ini menjadi spot menarik untuk befoto-foto. Para pengujung antusias ber-selfie ria dengan latar karya lukis. Bagus-bagus deh lukisannya.

'Cinema 12' oleh jurusan Multimedia. (Dokumen Pribadi)

Suasana home theatre sengaja dibawa jurusan Multimedia dalam pameran kali ini. Dengan nama 'Cinema 12' pengunjung dapat menyaksikkan karya-karya dari jurusan ini, seperti film dokumenter dan short movie lainnya. Kalian juga dapat berfoto di area photo corner dan hasilnya langsung dicetak, menit itu juga. Karya lain seperti web design pun turut dipamerkan.

Ini area jurusan Animasi. (Dokumen Pribadi)

Di area jurusan Animasi, para pengunjung disambut oleh dua orang berkostum anime. Area ini menampilkan karya-karya animasi dalam screen lebar. Animasi bertemakan binatang hingga kehidupan sehari-hari lengkap ada disini. Aku pernah belajar teknik dasar membuat animasi dan itu sangat-sangat susah. Itu pun hanya sekedar membuat objek atau karakternya saja. Sedangkan bagaimana ya kesulitan dalam membuat animasi hingga objek yang ada di dalamnya dapat bergerak dan bercerita. Salut untuk mereka.

Jurusan Dispro Logam dengan desain perhiasannya. (Dokumen Pribadi)

Desain-desain perhiasan, seperti anting-anting, kalung dan gelang dihadirkan di area jurusan Desain dan Produk Kriya Logam. Tak hanya perhiasan saja, ada kap lampu yang dibuat dari logam. Desain-desain yang diperlihatkan kepada para pengunjung pun sangatlah menarik. Ada satu desain yang menurutku menarik, yakni desain tengkorak ala The Punisher.

Pengunjung antusias melihat produk hasil Dispro Kriya Kulit. (Dokumen Pribadi)

Dari jurusan Desain dan Produk Kriya Kulit menampilkan hasil produk berbahan kulit sesuai nama jurusannya. Tas, sepatu, jaket, hingga ikat pinggang semua ada disini. Semua produk tersebut merupakan asli buatan pelajar SMK, lho. Produk-produk tersebut menarik pengunjung untuk membeli atau sekedar melihat-melihat saja. 

Pengunjung dapat mencoba mengukir kayu. (Dokumen Pribadi)

Deretan kursi berbahan kayu dan beberapa meubel lainnya ditampilkan jurusan Desain dan Produk Kriya Kau. Yang menarik dari area jurusan ini ialah dua orang siswa yang mempraktekkan pembutan ukiran kayu secara langsung. Pengunjung pun dapat mencoba bagaimana cara mengukir atau memahat kayu disana. Di jurusanku Gambar Bangunan ada materi pembelajaran kayu juga, meskipun masih ilmu dasar tapi aku yang awam dengan dunia perkayuan selalu jelek hasil pekerjaan kayunya. Memang tidaklah mudah membentuk sebatang kayu utuh untuk dijadikan karya yang bernilai jual tinggi.

Jurusan Teknik Pemesinan memamerkan beberapa mesin-mesin yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Karena, aku yang tidak paham dengan Ilmu Pemesinan jadi tidak begitu paham dengan apa yang mereka pamerkan. Padahal di sekolahku juga ada jurusan serupa. Dasar! Setahuku di jurusan ini setiap siswanya diajarkan bagaimana cara menggambarkan teknik mesin, las listrik, las karbit, bubut, frais, skrap, CNC, dan masih banyak lagi.

Ada Pak Ikhsan di area jurusan Dispor Kriya Tekstil. (Dokumen Pribadi)

Masih ada jurusan Desain dan Produk Kriya Tekstil yang menghadirkan karya berupa batik, tenun tapestry, sulam bordir, makrame, renda, rajut, dan cetak saring/sablon. Tak hanya dalam berbentuk lembaran kain saja, sebagian juga sudah diolah menjadi produk baru. Mulai dari pakaian, mukena, gorden, dan masih banyak lagi. Produk-produk tersebut juga dapat dibeli pengunjung, lho. Karena aku datang saat pembukaan acara, saat di area jurusan ini aku berpapasan dengan Bapak Ikhsan selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

Area jurusan Dispro Interior dan Landscaping. (Dokumen Pribadi)

Ada satu jurusan yang 11:12-lah sama jurusanku, namanya Desain Produk Interior dan Landscaping. Disini pengunjung dapat melihat hasil desain interior, ada desain lampu tempel, rancangan kursi anak-anak higga rancangan sebuah bangunan umum dalam maket. Pengunjung juga dapat leluasa bertanya-tanya seputar desain yang ditampilkan.

De Kafe ala jurusan Desain Komunikasi Visual. (Dokumen Pribadi)
Contoh item untuk branding produk, nih. (Dokumen Pribadi)

Di akhir pameran tepatnya di area outdoor, ada jurusan Desain Komunikasi Visual yang menghadirkan konsep cafe berjudul De Kafe. Sesuai namanya disini pengunjung dapat menikmati sajian makanan dan minuman yang dijual oleh siswa-siswi jurusan tersebut. Sebenarnya karya utama dari jurusan ini ialah desain branding sebuah produk. Terlihat dari desain cafe hingga perabotannya, semua karya anak DKV SMK Negeri 12 Surabaya.

Dapat disimpulkan acara ini sangatlah bermanfaat bagi para pelajar SMK, khususnya SMK Negeri 12 Surabaya untuk menunjukkan ke dunia luar bahwa mereka mampu menghasilkan karya yang bernilai jual tinggi. Semoga kedepannya diharapkan sekolah-sekolah lain dapat menyelenggarakan serupa. Ya, sehingga tugas akhirnya tidak mangkrak di sekolah saja tetapi dapat dinikmati masyarakat umum.

Area luar pameran, ramai ya? (Dokumen Pribadi)

33 comments:

  1. hmm, baru tau tentang desain produk interior.
    surabaya memang mantap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kota situ emang gada ya SMK jurusan Dispro Interior & Landscaping?

      Delete
  2. Semoga lulusan SMKN 12 Surabaya dapat menjadi pioneer/pencetus ide bisnis di masyarakat ya dek

    ReplyDelete
  3. asik banget tuh kreatifitas anak-anak SMKN 12 Surabaya di fasilitasi dengan memberikan ajang pameran, maka berkreasilah dengan maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba setiap SMK memfasilitasi muridnya untuk pameran, pasti bakal keren dah. Mereka dituntut untuk all out dan percaya diri dengan karyanya sendiri.

      Delete
  4. Replies
    1. Pake kameran Canon punya teman, masa bening sih? Egak ah biasa aja keknya.

      Delete
  5. hasil lukisannya bagus-bagus tuh mas.
    sudah kayak profesional patut dipamerkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lukisannya detail banget mas, gak berasa bikinan anak SMK hehehe:D

      Delete
  6. wow sangat lengkap dan sangat kreatif, memang benar kalau jebolan SMK itu sudah siap terjun kelapangan industri kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jurusannya banyak soalnya hehe:D SMK bisa, ya.

      Delete
  7. Kegiatan dengan mempertunjukkan hasil karya anak-anak negeri yang kreatif dan berproduktif, semaoga akan menghaislkan sebuah hasil positif dalam pengembangkan ide kreatif dengan hasil yang lebih baik dari ini. Sukses untuk acaranya.

    ReplyDelete
  8. karya nya keren, memang layak dipamerkan, pagelaran seni nya harus tetap dilestarikan tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salut juga sama tuh sekolah masih mempertahankan jurusan Seni Karawitan sama Seni Pedalangan. Jarang2 loh SMK yang punya jurusan seni kek gitu.

      Delete
  9. Njir, cinema21 jadi cinema12. Keren-keren emang..

    ReplyDelete
  10. Kreatif sekali , pengunjung di ajari cara mengukir kayu sendiri ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, bagi yang pengen mencoba bisa langsung diajarin sama murid yang ada disana.

      Delete
  11. Event2 gini bikin semangat dan optimis

    ReplyDelete
  12. Klo saya betah banget tuh lagi tempat event2 gitu.....

    ReplyDelete
  13. Ramai banget pengunjungnya, keren deh acaranya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, itu pas pembukannya rame banget. Kan ada undangan dari beberapa sekolah.

      Delete
  14. keren dan kreatif banget yah. SMK bisa, saya juga lulusan SMK dari TKJ, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, SMK mana nih mbak kalo boleh tau?

      Delete
  15. wah gini ni yang keren, mantap smanya

    ReplyDelete
  16. Smk jurusannya keren gila. 15 jurusan
    Sekolah gue cuma 7 aja... Gilakkk...

    Btw foto teknik mesin manaa? Apaan nggak difotoin mesin bubut atau cncnya haha :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya SMKN 12 Surabaya itu sekolah baru, gabungan dari SMK Negeri 9 & 11 Surabaya. So, jurusannya banyak deh.
      Foto TPM-nya kelupaan:D Baru sadar pas ngecek di rumah, lah kok ada satu ketinggalan ternyata hahahaha.

      Delete
  17. Anak muda sekarang memang keren2 kreatifi inovatif. :)

    ReplyDelete
  18. Huwikkk seru kelihatannya,,, seneng deh lihat orang-orang kreatif begitu :)

    ReplyDelete
  19. Lukisannya keren-keren banget siiik.. Aku jadi iri deh.. :'D

    ReplyDelete