Wednesday, March 18, 2015

Tips Mempersiapkan Perbekalan Selama Bepergian

Beberapa perbekalan yang dibawa selama perjalanan. (Sumber foto: nxleveltravel)

Sebelum bepergian, mempersiapkan perbekalan merupakan hal krusial yang perlu diperhitungkan matang-matang. Agar, selama perjalanan kita membawa barang yang sesuai dibutuhkan dan tidak berlebihan. Dimana saat kita membawa barang secara berlebihan kebanyakan dari barang tersebut justru tidak terpakai, sangat membebani perjalanan kalian bukan? Untuk memastikan perjalanan anda terasa lebih aman, nyaman, dan berkesan terdapat beberapa kiat-kiat khusus yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan perbekalan traveling.

Pertama, bawa baju ganti dengan jumlah yang cukup. Kalian dapat memperhitungkan berapa banyak pakaian yang akan dibawa dari berapa lama anda akan melakukan perjalanan. Usahakan pakaian tersebut juga sesuai dengan kondisi alam tempat anda akan bepergian. Jangan sampai kalian membawa jaket tebal ketika ingin bepergian ke pantai. Untuk meringkas pakaian tersebut saat dibawa, usahakan menggulung pakaian tersebut atau sekarang kita dapat menggunakan travel vacuum bag. Dengan menggunakan travel vacuum bag ini kalian dapat menghemat ruang untuk penyimpanan pakaian kalian.

Penggunaan sarung di pantai. (Sumber foto: balifusarongs)

Sarung menjadi pilihan yang tepat yang wajib kalian bawa selama perjalanan. Sarung merupakan kain multifungsi yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Disebut multifungsi, sebab sarung memiliki banyak fungsi yang dapat digunakan. Sarung dapat digunakan untuk alas duduk, alas tidur, selimut, bahkan untuk handuk dalam keadaan darurat. Selain bahannya yang ringan, sarung juga mudah kering setelah dicuci.

Kedua, bawa peralatan pribadi. Peralatan pribadi seperti alat-alat mandi, kosmetik, dan obat-obatan pribadi perlu disediakan dalam tas khusus berukuran kecil. Jadi, seketika kita membutuhkan peralatan pribadi kita dapat menjangkau dengan mudah tanpa harus membongkar semua muatan yang kita bawa. Kita cukup mengambil tas khusus tersebut. Terutama bagi kalian yang memiliki penyakit jangan lupa membawa obat-obatan kalian. Semisalnya penyakit kalian kambuh selama perjalanan, kalian tidak usah repot mencari obat lagi.

Ketiga, perhatikan keamanan selama perjalanan. Tidak menentu semua lokasi yang akan dituju memiliki keamanan yang baik. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, kita dapat menyimpan uang di dalam money belt supaya aman dari pencopet. Money belt disini tidak berbentuk seperti tas pinggang kecil itu, lho, disini money belt memiliki bentuk yang sama seperti sabuk pada umumnya. Yang membedakannya hanyalah terdapat kompartemen kecil dengan resluiting sebagai wadah penyimpan uang darurat. Peralatan serbaguna seperti Swiss Army Knife pun tak ada salahnya untuk dibawa. Benda ini berguna di manapun, terutama jika kalian gemar menjelajah alam bebas.

Money belt yang akan melindungi uang kalian selama perjalanan. (Sumber foto: worldofnovelty)

Keempat, persiapkan peralatan untuk mengabadikan momen. Sekarang tak lengkap rasanya ketika kita bepergian tidak mengabadikan lokasi yang telah kita tuju melalui suara, foto, maupun video. Apalagi sekarang telah menjamur sosial media yang kian memudahkan kita untuk berbagi kesan perjalanan kita. Kamera dan ponsel merupakan item wajib yang harus dibawa selama perjalanan. Dengan membawa ponsel kita juga dapat memberi kabar kepada orang-orang yang kita tinggalkan di rumah.

Bawa juga kantung kedap air untuk melindungi peralatan tersebut dari air, maklum peralatan tersebut rentan rusak bila basah. Bila kalian bepergian lintas negara yang memiliki standar stop kontak yang berbeda-beda, universal adapter menjadi solusi yang cocok untuk mencolokkan kabel steker kalian ke stop kontak dengan bentuk apapun.

Rangkum perjalananmu dalam jurnal yang kalian tulis. (Sumber foto: blessthisstuff)

Jurnal atau buku catatan perlu juga dibawa untuk kalian yang gemar menulis. Melalui jurnal tersebut kalian dapat menuliskan apa saja yang telah kalian lakukan di tempat tujuan bepergian. Siapa tahu dengan tulisan yang kalian dituliskan di jurnal tersebut dapat dijadikan sebuah buku perjalanan. Tulisan perjalanan yang ada di jurnal tersebut memiliki kesan historis tersendiri setelah kalian pulang kembali ke rumah. Kalian dapat me-review ulang kejadian yang telah kalian lakukan selama perjalanan dengan membaca jurnal yang telah kalian buat dan melihat visualiasi perjalanan kalian dalam bentuk suara, foto, atau pun video.

Kelima, persiapkan alas kaki yang akan kalian gunakan. Nah, menurutku poin terakhir ini ialah yang sangat penting untuk diperhatikan sebelum perjalanan dimulai. Karena kebanyakan kita melupakan alas kaki apa yang akan kita pakai selama perjalanan, kita hanya asal mengambil dari kumpulan sepatu yang telah kita miliki. Selain itu

Selain itu, dengan memakai alas kaki yang kuat dan nyaman kita akan lebih leluas bergerak bebas kemana pun kita mau. Kalian pasti tidak mau jika kakimu lecet dan menghambat pergerakanmu, kan? Untuk itu pilihlah alas kaki yang nyaman, lebih baik lagi bila kedap air supaya kalian dapat memakainya di segala medan. Jangan pelit-pelit untuk merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli alas kaki yang akan kalian gunakan. Asalkan alas kaki tersebut sebanding dengan kenyamanan, keawetan, dan desain sepatu yang akan kalian dapatkan.

Sepatu pria Nike idaman aku untuk traveling, nih. Available here. (Sumber foto: eukicks)
Secara pribadi, untuk bepergian aku lebih suka menggunakan alas kaki berupa sepatu olahraga yang nyaman dipakai di kaki. Kini pun sepatu olah raga memiliki desain dan warna yang menarik sehingga menambahkan kesan tambahan dari pakaian yang kalian pakai. Selain sepatu, kita juga perlu membawa sandal di perbekalan kita. Tidak mungkin kan kita selalu memakai sepatu selama perjalanan, kan? Sesekali kita pasti akan menggantinya dengan sandal, terlebih saat kita berada di tempat tinggal sementara di lokasi perjalanan yang kita tuju.

Disini aku memberikan rekomendasi tempat belanja produk alas kaki untuk kalian semua, tanpa harus repot pergi ke toko. Cukup duduk manis menghadap laptop atau gadget lainnya, kita dapat memilih produk alas kaki sesuai yang kita inginkan. Namanya, Zalora. Terdengar familiar, kan? Ya, Zalora merupakan situs belanja online terkemuka di Indonesia yang menyediakan beberapa pilihan fashion dengan koleksi, kualitas, pelayanan, dan kemanan yang patut diacungi jempol. Ketika berbelanja di situs tersebut kalian juga diberikan layanan GRATIS ongkos kirim ke seluruh wilayah Indonesia 

Itulah beberapa kiat khusus yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan. Pastikan perbekalan yang kalian bawa sesuai dengan keperluan selama perjalanan berlangsung dan kita merasa nyaman saat membawanya. Selamat menikmati perjalan kalian, ya!

32 comments:

  1. Moneybelt kaya gitu ada yang jual di Indonesia bro? Baru pernah lihat dan tahu ada benda kaya gitu.
    Ini lagi promosi atau gimana bro? Kok saya mencium bau2 promosi di sini? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Money belt di Indonesia ada sih bang yang jualan. Kebanyakan orang pada pake tas pinggang kecil soalnya hehehe.
      Hayooo apa hayoooo? :D

      Delete
  2. vacuum bag itu apa? iya ini kan lagi promosi, wahahahaha....

    sukses lah travelnya, aku ngga suka travel, lebih suka berwisata dan jalan2, ehhh beda ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Travel vacuum bag itu semacam kantong plastik bersistem hampa udara. Kan meskipun berwisata atau jalan-jalan perlu disiapkan juga perbekalannya, terutama kalau berpergiannya lama.

      Delete
  3. kebetulan cocok buat ane yang suka traveler gan, tp btw nyari money belt dmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ternyata money belt jarang ada di Indonesia, coba beli online di website luar hehehe:D

      Delete
  4. Kepengen banget itu moneybelt. Dompet biasa terasa berat dan menuhin saku celana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, benar banget. Kadang kalau traveling suka ribet sendiri sama dompet. Apalagi kalau isinya sudah overload.

      Delete
  5. kebetulan gan besok ane mau bepergian. pas banget nemu ini jadi membantu thaks gan !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kebetulan ya semoga bermanfaat artikel diatas. Mempersiapkan perbekalan selama berpergian itu penting loh!

      Delete
  6. setuju banget alas kaki itu hal yang terpenting, harus sesuai medan yang di tempuh biar nyaman..
    Btw sepatu idamanku ada di zalora gak ya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alas kaki perlu diperhitungkan kenyamanannya biar tidak menjadi kendala saat berpergian. Coba kakaknya searching di Zalora mungkin saja nemu hehe.

      Delete
  7. Kalok aku yang paling utama sih obat-obatan, soalnya ada alergi. Dan bener, pakek sepatu yang nyaman jugak biar travelingnya jadi have fun :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi yang punya alergi seperti kamu kalo kelupaan gabawa obat-obatannya bisa ribet banget di jalan.
      Tuh kan, setuju ama aku hehehe:)

      Delete
    2. Ribet abis! Bisa-bisa pingsan di jalan :(

      Delete
  8. wihh mantap banget,,, pokonya bermanfaat, jangan lupa juga kang kunbalnya ditunggu http://dapurmilikkita.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kang kunjungannya, siap berkunjung balik:)

      Delete
  9. Carger sama power bank itu sangat penting jangan sampe ketinggalan kalau mau bepegian bro, ini iklan zalora ya, ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya sampai kelupaan nulis charger sama powerbank-nya hehe:D Ah, masa sih ini iklan?

      Delete
  10. kebetulan lagi mau bepergian nihhh , cucok banget postnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan banget nih, hati2 ya selama berpergiannya (sok kenal) :D

      Delete
  11. gue sering tuh perhatiin beberapa point diatas.
    kalau baju, gue biasanya untuk 3 hari gue bawa 10 baju sama celana dan dalemannya..

    wah, ini postingan promo ya?
    bisaan aja promo nya. keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kakak kalau berpergian dipersiapkan banget ya hehe, ga mau rugi di jalan.
      Buset, itu pergi 3 hari apa mau minggat dari rumah hehehe.
      Ah, masa sih ini promo? Keren? Makasih:D

      Delete
  12. Sebenernya aku pengin posting di kolom "Who am I"
    Secaraaaa, kereeen bingits ternyata dirimuuuh dek...!

    Omaigat, kelahiran 1997??? Aku umur segitu udah gonta/ganti gebetan berapa kali yak, hahahah **umpetin KTP**

    Nice posting about zalora. Me likey zalora juga siiiy
    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...... Kolom komentar di page "Who am I?"-nya emang sengaja aku umpetin mbak.
      Ah, biasa aja deh mbak. Mbaknya berlebihan nih:p
      Thankyou mbak, lain kali semoga bisa ketemu lagi hehe.

      Delete
  13. Ada unsur dapat job review nih hahaha
    .....

    Btw, lebih baik bawa atm daripada bawa duit. Tapi ati ati kalau atm ilang atau ketelen hahaha. Liburan jadi horror...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa sih ada unsur job review-nya hehehe?
      Iya, betul jugasih. Pokoknya tergantung kewaspadaan masing-masing aja.

      Delete
  14. Ada unsur dapat job review nih hahaha
    .....

    Btw, lebih baik bawa atm daripada bawa duit. Tapi ati ati kalau atm ilang atau ketelen hahaha. Liburan jadi horror...

    ReplyDelete
  15. Ya Allah gambarnya passport.. Jadi pengin keluar kota..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idiihh...... Sombong kali keluar kota pake passport hehe. Keluar kota di luar negeri maksudnya nih?

      Delete
  16. wah keren nih, infonya sangat bermanfaat dan penuh ilmu pengetahuan

    makasih ya udah share dan berbagi, terus share artikel yang bermanfaat ya

    jangan lupa komen back di ronalsf.blogspot.com

    ReplyDelete
  17. QUANTUM BINARY SIGNALS

    Get professional trading signals delivered to your mobile phone daily.

    Start following our trades NOW & gain up to 270% daily.

    ReplyDelete