Monday, March 30, 2015

Antara Aku, Buku, dan Heerlijk Library Café

Tampak depan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. (Dokumen Pribadi)

Pada hari Senin (5/3) aku berkesempatan mengunjungi Perpustakaan Daerah Jawa Timur. Tujuan utamaku kesana tak lain untuk membuat kartu keanggotaan baru perpustakaan. Terakhir aku mengunjungi perpustakaan ini ialah saat duduk di kelas satu SMK atau kurang lebih dua tahun yang lalu. Kini, perpustakaan mulai berbenah dan berkembang lebih baik lagi.

Terbukti saat pertama kali memasuki perpustakaan, para pengunjung dipersilahkan untuk mengisi butuh tamu berbasis komputer di area depan perpustakaan. Bagi mereka yang ingin membuat kartu keanggotan baru seperti aku sebelumnya harus mengisi form data diri yang diisi secara mandiri oleh pengunjung. Pengisian dilakukan di komputer yang telah disediakan. Setelah mengisi form tersebut, para pendaftar akan mendapatkan nomor pendaftaran yang diserahkan kepada petugas untuk dibuatkan kartu anggota baru.

Suasana di area lobby perpustakaan, sekarang serba komputer, lho. (Dokumen Pribadi)

Proses selanjutnya ialah pengambilan foto untuk kartu anggota. Tak perlu memakan waktu yang lama, kartu anggota baru pun langsung jadi. Serunya lagi, petugas di perpustakaan daerah ini sangatlah ramah melayani para pengunjungnya.

Setelah membuat kartu baru, aku lantas memasuki perpustakaan. Rak buku berisi buku pilihan pun menyambutku. Perlu diingat, sebelum memasuki perpustakaan para pengunjung diperkenankan untuk menitipkan tas dan jaketnya ke ruang penitipan yang telah tersedia. Hanya dengan menitipkan kartu identitas, kita akan diberi kunci loker untuk menaruh barang bawaan kita.

Kartu Tanda Anggota baruku, yeay! Abaikan fotoku di kartunya. (Dokumen Pribadi)

Sama seperti perpustakaan lainnya, berbagai buku tersedia disini. Mulai dari buku bacaan anak-anak, novel, hingga buku-buku referensi tersedia lengkap. Bagi kalian yang menginginkan bacaan untuk referensi, buku deposit, dan majalah ada baiknya naik ke lantai 2. Karena, memang dipisahkan letaknya.

Bagi kalian yang hobi berselancar di dunia maya, di perpustakaan ini juga menyediakan ruang internet dengan beberapa komputer yang dapat digunakan oleh pengunjung. Syaratnya hanyalah kalian telah memilih kartu anggota dan batas maksimal penggunaannya maksimal 30 menit.

Heerlijk Library Café, Monggo Dipun Badhog

Heerlijk Library Café. (Dokumen Pribadi)

Lelah berkeliling di Perpustakaan Daerah Jawa Timur, tak ada salahnya untuk melipir sejenak ke Heerlijk Library Café yang letaknya berdampingan dengan perpustakaan. Berhubung aku juga sedang mendapatkan voucher potongan harga, aku pun memutuskan untuk mampir. Heerlijk sendiri diambil dari bahasa Belanda yang berarti enak. Café ini mengusung konsep semi-outdoor.

Saat awal memasuki arena café, kita akan disambut dengan suasana vintage yang dipadupadankan dengan sentuhan warna-warni. Interior di café ini didominasi dengan hiasan dari kayu dengan tekstur cat yang tidak merata menambah kesan vintage dari café ini. Bangku-bangku pengunjungnya pun memilih nuansa yang sama dengan hiasan interiornya, didominasi oleh kayu. Beberapa bangku pengunjung memiliki desain tempo doeloe.

Meskipun di dominasi dengan unsur vintage dan playground. Lampu pijar yang digantungkan di atas langit-langit menambah kesan industrialis. Ada sudut menarik yang menjadi point of interest dari café ini, yakni dengan adanya mural bertemakan pewayangan Indonesia.

Duduk bersantai sambil melihat kondisi jalanan di luar. (Dokumen Pribadi)

Dari segi menu yang ditawarkan oleh café ini sangatlah beragam. Mulai dari makanan lokal hinggan western food tersedia, nama-namanya pun dibuat beda dan unik. Misalnya saja, pizza diganti namanya menjadi roti itali atau mie ramen diganti namanya menjadi mie ngamen.

Kali ini aku mengunjungi Heerlijk Café bersama temanku, Ribut namanya. Iya, memang namanya Ribut. Tapi, tenang saja kok dia anaknya anti-ribut. Lumayan banyak menu yang kami pesan, mengingat setelah pulang sekolah perut kami sama-sama kelaparan.

Menu pertama yang datang ialah Soda Perawan dan Kopi Moka. Soda Perawan, nama yang unik bukan? Soda Perawan sendiri merupakan minuman yang terbuat dari campuran sirup stroberi, soda water, dan orange juice. Betapa segarnya minuman ini. Sedangkan Kopi Moka merupakan espresso dengan chocolate powder dan fresh milk.

Ini yang namanya Soda Perawan. Segar banget rasanya! (Dokumen Pribadi)

Menu berikutnya sebagai makanan pembuka, Roti Wajan tersedia di meja kami. Sebuah berisi dua lapis pancake dengan dua scope ice cream. Aku mengiranya Roti Wajan akan disediakan dalam sebuah wajan sesuai namanya, ternyata dugaanku salah. Rasa pancake-nya lumayan enak terlebih lagi dengan keberadaan es krim yang kian menggunggah selera.

Roti Wajan, pancake-nya enak. (Dokumen Pribadi)

Menu inti pun tiba, aku memesan Mie Londo Tomyam dan temanku memesan Sego Mangkok Daging Teriyaki. Menu yang aku pesan ialah spaghetti  yang dimasak dengan bumbu tomyam dan seafood. Rasanya enak dan segar. Sedangkan, Sego Mangkok Daging Teriyaki ialah nasi dengan daging saus teriyaki. Dengan lahapnya kami menghabiskan semua menu tersebut. Perut yang sebelumnya lapar langsung berubah sebegitu cepatnya.

Mie Londo Tomyam, spaghetti dengan segarnya bumbu Tomyam. (Dokumen Pribadi)

Sebagai penutup, aku memesan minuman lagi yakni Soklat Susu Horeg. Setelah puas menyantap makanan tersebut, kami berdua tidak langsung bergegas pulang. Disana kami menikmati fasilitas wifi yang disediakan oleh pengelola café sambil duduk-duduk santai ngobrol ngalor-ngidul. Tak terasa waktu bergulir begitu cepat, hingga sore pun datang begitu saja. Ya, kami pun memutuskan mengakhiri wisata kuliner kali ini.

Dari segi harga, relatif terjangkau. Rata-rata harga makanan mulai Rp 10 ribu hingga Rp 35 ribu. Rata-rata harga minuman mulai Rp 5 ribu hingga Rp 20 ribu. Di café ini juga menyediakan beberapa menu makanan ringan dan beberapa varian gelato. Harga gelatonya juga dapat dikatakan lebih murah dari yang lainnya. So, bagi kalian yang lagi berkunjung ke Perpustakaan Daerah Jawa Timur monggo mampir juga ke Heerlijk Library Café. Tempatnya asik buat hangout dan kongkow bareng teman-teman!

PRICE LIST:
Soda Perawan IDR 17 K
Soklat Susu Horeg IDR 15 K
Kopi Moka IDR 18 K
Mie Londo Tomyam IDR 25 K
Sego Mangkok Daging Teriyaki IDR 15 K
Roti Wajan IDR 18 K

Informasi selengkapnya tentang Heerlijk Library Café bisa didapatkan melalui:
Twitter- @heerlijkcafe
Instagram- heerlijkcafe

Alamat | Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Timur; Heerlijk Library Café
Jalan Menur Pumpungan No. 32, Surabaya - Jawa Timur

40 comments:

  1. Replies
    1. Emang enak kok, cobain deh kalo lagi main di Surabaya.......

      Delete
    2. Wah! Kalau ke surabaya harus cobain ini :D Kafenya asik banget gitu~

      Delete
    3. Hayuk main2 ke Surabaya, masih banyak café2 keren yang patut dikunjungi.

      Delete
  2. klo ada cafe begituan alamat jadi rajin ke perpus nich :) ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa-bisa ke perpusnya cuma mampir doang, lamain ngedon di café-nya hehe.

      Delete
  3. Tulisannya reportase Habis keren Mas. Seandainya saya pemilik Heerlijk saya akan kasih Mas Vucher Makan gratis seharga sebulan , setelah baca tulisan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, masnya bisa aja. Coba beneran masnya yang jadi owner Heerlijk bisa gemukan dikit nih akunya hehehe......

      Delete
  4. Kalok boleh tau, foto pakek apa yah? Gambarnya lumayan tajem.. :D

    Aku pengen mie londo tomyamnya nih.. Perut mendadak laper.. T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fotonya cuma pake kamera DSLR tipe tempoe doeloe kak hehe.....
      Sini, sini, main ke Surabaya.

      Delete
    2. DSLR ngga ada yang tempo dulu kok. Hahah.. :D

      Ayok kita kopdaraaaaan :3

      Delete
    3. Bukan tempo dulu sih, lebih tepatnya sudah menua aja tuh kameranya hehe.
      Ayo, ayoo..... Kakaknya domisili mana emang?

      Delete
  5. Pancake sama soda perawan keknya enak banget njirr.... :))
    Jadi pengin dan dari tadi nelenin ludah mulu...

    Btw, lo dapat liebster award dari gue disini http://pelajar-abal.blogspot.com/2015/03/gue-dapet-liebster-award-yang-kedua.html?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya segar banget! Mantap hahaha......
      Kasian banget itu nelennya ludah mulu.
      Oke, meluncur deh ke postingannya....

      Delete
  6. kayaknya soda perawan terlihat begitu segar :D
    sukses ya review nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segar banget mbak, apalagi cuaca Surabaya yang kian memanas.

      Delete
  7. seneng ya bisa berkunung ke perpusda, habis itu kuliner'an..bener2 nikmat banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaknya udah pernah main ke perpusda belum?

      Delete
  8. Suasana cafenya kayak yang asik untuk nongkrong anak-anak muda tuh, kalau dilihat pada malam hari gimana ya suasananya? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau malam bagus jugasih, apalagi hiasan lampu pijar yang digantung bikin suasana kian romantis:p

      Delete
  9. Salah-salah maen ke sini malah betah di kafenya daripada ngendon di perpusnya . :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, bisa jadi sih. Ngendon di perpusnya bentaran doang, mampir ke café-nya yang dilama2in.

      Delete
  10. Kayaknya ni tempat seru juga buat nongkrong-nongkrong.. Layout tempatnya juga keren. Nggak mahal lagi. Sayang di JATIM,, kalo di jakarta udah diserbu anak-anak nangkring nih, sore langsung penuh tanpa celah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kedepannya Heerlijk buka cabang di Jakarta ya, bang :D

      Delete
  11. Foto-foto rak bukunya mana yaa.. hehe
    Sayang banget internetannya dibatasi ya, coba unlimited, makin banyak pengunjung tuh.

    Duh, foto makanannyya bikin laper. Tanggung jawab!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak dibolehin foto2 di dalem perpustakaan makanya gada foto2nya hehehe.
      Tapi wifi-nya ngebut kok disana....
      Yaudah sini ke Surabaya:p

      Delete
  12. wah nyaman banget sepertinya tempatnya ya bang...

    ReplyDelete
  13. asik bnget nih sepertinya, aku harus kesini kapan2 :) yg di perpus BI udah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kesana ngajak2 ya mbak hehehe:p Traktir juga sekalian.
      Udah juga yang di Perpus BI, kurang yang di Darmo aja.

      Delete
  14. Wah seru yak. By the way, itu cowok yang ngadep ke sono elu? wah wah, parah, elu udah ngebokongin pembaca ini namanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, bukan-bukan. Dia temanku hehehe, itu motretnya maksa banget makanya hasilnya begitu:p Maafkanlah bang.....

      Delete
  15. mantap. berasa classic gitu ya kalau abis dari perpus mampir ke caffe.
    review heelrlijk cafe nya menarik bro, tapi memang lebih keren kalau ada fotonya ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berasa anak muda kekinian banget ya bang:p
      Makasih, lho! Yap, kalau review gada fotonya mah garing abis.

      Delete
  16. wah perpustakaan sama kafe nya bagus ya, apalagi ada mi londo nya, lha

    ReplyDelete
  17. tapi sayangnya untuk perpustakaan di kota saya mati yang ada hanya ilalang rumput dan pintu yang di kunci atau di segel, tapi saya bukan orang surabaya tulen loh jadi ndak tau dimana sasarannya. dan nanti kalu liat peta juga batre pun abis hihi...

    tapi bagus perpustakaannya yakni bergaya belanda yang berarti saya juga penggemar sejarah hehe

    ReplyDelete
  18. Itu satu gedung atau cuma tetanggaan antara perpus dan cafe?

    ReplyDelete
  19. Hahah jadi ingat dulu saya ke PerPus kampus itu ga sampai 10 kali. Gak menarik hehee...

    ReplyDelete
  20. Penasaran ama mie londo tomyam nya Yummy yummy :-)

    ReplyDelete