Monday, June 16, 2014

Yuk, Cetak Foto di Pictalogi!


"Ingin cetak foto nih, tapi....."
"Ribet ah entar"
"Tempatnya jauh"
"Antreannya lama"
"Prosesnya apalagi"
"Yaudah, kapan-kapan aja"

Tanpa kita sadari percakapan diatas merupakan problematika yang sering muncul seiring saat kita ingin mencetak foto. Mulai dari permasalahan tempat percetakan foto yang jauh, harus mengantre cukup lama, belum lagi kita harus bersabar menunggu proses mencetaknya. Permasalahan ini tentunya membuat kita semakin malas untuk mencetakkan foto kita bukan? Di jaman modern ini kita lebih condong menggunakan layanan photo sharing seperti Instagram, Facebook maupun Flickr untuk membagi momen-momen indah dalam hidup kita. Tapi  pernahkan terbesit di fikiran kita untuk mencetak foto tersebut? Oh ya sih, mencetak foto di kamera saja sudah malas apalagi mencetak dari photo sharing.

But, tenang dulu! Aku punya solusi untuk cetak foto yang makin mudah. Namanya: Pictalogi. Pictalogi merupakan sebuah layanan untuk mencetak foto secara lebih mudah dan praktis, kapan saja dan dimana saja kita berada, kita dapat mencetak foto dengan leluasa. Pictalogi juga merupakan bentuk pengembangan dari Instalogi. Dan yang perlu digaris bawahi disini, Pictalogi dikembangkan oleh anak bangsa Indonesia sendiri loh. Mimi Creative ialah penggagas dari Pictalogi ini.


Sesuai tagline yang diusung: Cetak Foto Mudah, Cukup Dari Rumah. Pictalogi memberikan pelayanan yang mudah, praktis, dan efisien, serta dengan harga yang terjangkau. Kali ini aku ingin berbagi langkah-langkah menggunakan Pictalogi, semacam hijab tutorial. Eh bukan, tutorial mencetak foto dari Pictalogi.


Hal paling pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan momen-momen indah yang akan kita cetak melalui Pictalogi. Kalau tidak ada fotonya terus apa yang dicetak? Aku pribadi menyiapkan foto-fotoku sejak bayi hingga usiaku yang kini telah menginjak 17 tahun, 3 Juni kemarin. Inginnya sih membuat perjalanan hidup aku sampai umur 17 tahun gitu. Untuk mendapatkan foto bayiku, aku harus menggunakan pintu kemana saja Doraemon untuk kembali ke masa lalu dan memfotonya sendiri. Ngawur! Berkat bantuan mama tercinta dengan telaten kami berdua mengobrak-abrik satu lemari untuk mencari foto bayiku. Foto albumnya sudah hilang entah kemana, tapi untungnya masih ada klise film negatif. Yaudah, buru-buru aku scan aja.


Foto-foto sudah siap. Sekarang waktunya berkunjung ke website-nya Pictalogi. Pastikan sebelumnya gadget kita sudah terkoneksi di internet atau wifi. Buka melalui web browser kita alamat website: www.pictalogi.com. Informasi tambahan aja, website ini termasuk ke dalam golongan website dengan style responsive. Artinya, mau diakses melalui laptop, netbok, tablet, atau smartphone bisa-bisa saja. Tampilan di website juga menarik dan eye catching. Pictalogi sendiri memberikan 4 pilihan produk kepada calon pembeli. Yakni: mini book, mini sticker, square photo dan R sizes.


Kini waktunya kita memesan produk yang diinginkan. Namun, sebelumnya kita diharuskan untuk mendaftar akun terlebih dahulu. Mudah kok, cukup mengisikan form yang telah tersedia dengan menginput nama, nomor telepon, email, username dan password. Disini juga diberikan opsi mendaftar melalui akun Instagram maupun Facebook kita. Bagi yang sudah punya akun di Pictalogi langsung saja masuk/login.


Setelah login. Pilih pilihan produk yang kita inginkan, ada mini book, mini sticker, square photo, dan R sizes dengan rinciaan produk sebagai berikut:


Mini book:  Fotomu akan dicetak dalam bentuk mini book berukuran 10,5 x 7,5 cm dengan finishing doff biar kelihatan kesan eksklusifnya. Satu set mini book dapat mencetak 30 foto pilhanmu dengan berbagai tema dan cover yang kita sukai. Terdapat 12 pilihan background, cover, dan backcover yang dapat dipilih disini. Disini fotomu akan di cetak di atas kertas foto impor dengan kualitas mumpuni. Harga yang ditawarkan: IDR 54.900,-

Mini sticker: Fotomu akan dicetak menjadi stiker-stiker mini yang lucu. Kalian akan mendapatkan 16 lembar stiker dengan pilihan 64 foto (2x2 / halaman) atau 144 foto (3x3 / halaman). Yang membuat unik dari mini sticker ini adalah dalam satu setnya akan dibentuk dalam sebuah buku mini. Stiker akan dicetak di atas kertas stiker bontax dengan laminasi doff dingin. Harga yang ditawarkan: IDR 59.900,-

Square photo: Fotomu akan dicetak dalam bentuk persegi. Satu paketnya tersedia dalam dua ukuran: 10,16 cm (4 inci) sejumlah 16 foto, maupun ukuran 6,35 cm (2,5 inci) sejumlah 32 foto. Disini fotomu akan dicetak di atas kertas foto berkualitas, Royal Doff. Cocok untuk mencetak foto keren dari akun Instagram-mu. Harga yang ditawarkan: IDR 49.900,-

R sizes:  Fotomu akan dicetak dalam ukuran standar kertas R yang tersedia ukuran 3 R, 4R. 5R, dan 6R dengan satu paketnya sejumlah 16 foto. Sama seperti square photo, R sizes juga menggunakan kertas Royal Doff. Cocok untuk mencetak foto keren dari kameramu. Harga yang ditawarkan: mulai dari IDR 49.900,-

Untuk masalah ongkos kirim tenang saja, karena Pictalogi membebaskan ongkos kirim seluruh Indonesia. Jadi tidak ada biaya tambahan untuk ongkos kirim. Aku sendiri memilih produk Mini Book karena cocok dengan keinginku untuk membuat perjalanan hidupku melalui foto. Sudah memilih produk yang diinginkan? Langsung saja klik “Pesan Sekarang” untuk proses selanjutnya.


Sekarang waktunya untuk mengatur foto. Kita dapat menggunakan foto yang telah di-upload di akun Instagram atau Facebook kita yang telah terkoneksi dengan Pictalogi, atau juga kita dapat menggunakan foto yang kita upload sendiri. Untuk fitur upload sendiri, Pictalogi menyediakan batasan ukuran maksimal per foto yakni 5mb dan maksimal lima foto untuk satu kali pengunggahan.


Di bagian customize pesanan ini juga tersedia berbagai macam pilihan, seperti penggantian cover, backcover serta di background mini book atau juga mengatur ukuran pada R sizes dan Square photo sesuai dengan foto yang kita inginkan. Bagi yang masih mengalami kebingungan, cukup menekan ikon petunjuk selanjutnya akan keluar bantuan singkat penggunakaan menu-menu yang ada pada edit foto ini. Menurut aku, tampilan edit foto di Pictalogi sangat mudah untuk digunakan. Proses edit foto pun menjadi lebih cepat. Yang membuat Pictalogi istimewa adalah pada halaman edit foto ini disesuaikan dengan tampilan hasil cetakan foto. Jadi, kita bisa mengatur foto sesuai yang diinginkan dan kita dapat mengetahui seperti apa hasil jadinya. Pastikan semua halaman yang harus kita isi dengan foto sudah terisi semua, karena bila terdapat halaman yang kosong nantinya juga akan tercetak kosong pula. So, cermati terlebih dahulu! Jika dirasa telah terisi semua, langkah selanjutnya ialah meng-klik "Pesan Sekarang".


Lalu, akan muncul tampilan baru yang berisikan harga yang harus dibayar dan form data diri pemesan yang harus diisi. Form data diri pemesan ini digunakan sebagai acuan alamat pengirim pesanan yang telah jadi. Jangan sampai salah tulis alamatnya ya, bisa-bisa pesanan kita terkirim di alamat orang lain.


Pemesanan selesai, saatnya kita melalukan pembayaran. Pembayaran dapat dilaksanakan di ATM maupun e-banking dengan rekening yang tertera pada halaman Invoice. Setelah kita membayar lunas, saatnya kini kita melakukan konfirmasi ke Pictalogi dengan format yang tertera juga pada halaman Invoice tersebut. Customer service-nya pun dengan cekatan untuk membalas pesan konfirmasi yang telah dikirim sebelumnya.

Pemesanan dan pembayaran telah rampung. Waktunya untuk menanti kedatangan pesanan produk Pictalogi kita di alamat yang kita cantumkan sebelumnya. Tak usah menunggu terlalu lama, Pictalogi memberikan pelayanan pencetakan foto maksimal 2-3 hari pada hari kerja dan 3-5 hari untuk pengiriman pesanan. Kalian dapat mengecek riwayat pemesanan kita melalui akun yang telah dimiliki di Pictalogi. Hebatnya lagi, Pictalogi diproses secara otomatis. Pictalogi memiliki halaman backend yang powerful, untuk memroses seluruh order dari pembeli seluruh Indonesia. Pemrosesan gambar dari Instagram akan dilakukan secara otomatis dengan standar yang baik, sehingga meminimalisir kesalahan oleh operator atau staff dari Pictalogi itu sendiri. Pictalogi sama sekali tidak menggunakan Photoshop atau software pengolah foto lainnya yang dikendalikan oleh operator, tapi Pictalogi membuat suatu program guna otomatis pengolahan gambar pembeli. Jangan takut ada human error di pesanan kita ya. Mini book berisi perjalanan hidupku melalui foto pun siap dicetak dan dikirim ke rumah. Udah gak sabar nih menunggu hasilnya. Terlebih lagi melihat testimoni dari pelanggan Pictalogi yang puas akan layanan mencetak fotonya.

Bagaimana sangat mudah kan? Kalian jadi tidak usah lagi bermalas-malasan untuk mencetak foto, karena dengan Pictalogi ini kita dapat mencetak foto cukup dari rumah. Tidak dari rumah saja sih, dimana saja bisa asalkan gadget kamu terkoneksi dengan internet/wifi. Berita terbaru dari Pictalogi, kita juga bisa mendapatkan duit hanya dengan memasang banner Pictalogi di website / blog kita. Seru kan! So, daripada bingung mau dikemanakan foto-foto keren kita. Mending dicetak aja di Pictalogi. Lebih mudah, hasilnya keren, dan harganya terjangkau. Aku sudah membuktikan bagaimana keunggulana yang dimiliki oleh Pictalogi. Sekarang, giliranmu! Yuk, cetak foto di Pictalogi!

Ini halaman cover depan pesanan mini book aku yang diberi judul 'I Was Here'.
Halaman awal mini book-ku isinya foto bayiku dan tulisan singkat kelahiranku.
Berikutnya ada foto kedua orang tuaku dan saat aku digendong eyang kakung.
Baru sadar juga kalau ini ulang tahun aku yang pertama.
Halaman khusus bestfriend aku. Terimakasih gengs!
Backcover yang colorful!

Beberapa foto masa kecilku yang akan dicetak dalam mini book.

Tak lengkap rasanya bilamana disini aku tidak membagi beberapa alternatif lain dalam menyimpan hasil cetakan foto. Oke kalo begitu, aku kasih beberapa rekomendasinya ya. Biasanya kan habis cetak foto langsung dimasukkan ke album foto yang kesannya itu-itu saja. Dan cenderung membosankan. Aku punya beberapa ide yang dapat kita terapkan di rumah untuk memberikan variasi pada hasil cetakan foto kita. Kalian dapat membuat suatu scrapbook yang nantinya akan diisi dengan hasil cetakan foto dan diselingi dengan stiker dan tulisan yang lucu-lucu. Atau kita juga dapat menempelkan hasil cetaka foto kita di dinding kamar atau menjepitkannya di langit kamar. Menambah kesan eksentrik dan tentunya kita dapat flashback setiap hari hanya dengan melihat foto-foto tersebut.

Sumber foto: Blogspot.
Sumber foto: Wordpress.
Sumber foto: Themins.
Sumber foto: Tumblr.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan, dengan kita mencetak foto kita didapatkan manfaat sebagai berikut:
  1. Menghindari resiko file yang hilang di gadget kita, baik secara sengaja maupun tidak sengaja.
  2. Kalian dapat berkreasi dengan foto yang kita cetak. Bisa dibuat scrapbook ataupun hiasan interior di rumah.
  3. Dengan mencetak foto secara tidak langsung kita telah mengabadikan momen-momen berharga dalam hidup kita.
Pictalogi - Cetak foto online
Klik gambar untuk mencetak foto kalian melalui Pictalogi.
 
Ayo saatnya kita mencetak foto! Terutama cetak foto di Pictalogi karena Cetak Foto Makin Mudah dengan Pictalogi.



Update informasi terbaru seputar layanan Pictalogi melalui:

Mengunjungi Perumahan Griyashanta K-322, Malang, Indonesia
Website: http://www.pictalogi.com/
Facebook:  http://www.facebook.com/pictalogi/
Twitter: http://www.twitter.com/pictalogi/
Telepon: +62-857-5533-5573
Email: info@pictalogi.com

Tulisan ini asli, karya penulis dan sedang diikutsertakan dalam Kompetisi Blog ‘Cetak Foto’ Pictalogi Bersama Bisa Komputer.


Referensi:
  1. Official website Pictalogi http://www.pictalogi.com/ Diakses pada 15 Juni 2014.
  2. Official blog Pictalogi http://blog.pictalogi.com/ Diakses pada 15 Juni 2014

32 comments:

  1. dahsyat bro! sumpaaahhh keren bangeet! good luck ya!

    ReplyDelete
  2. gile bro keren nih, tulisannya juga panjang banget haha
    salut lah..

    ReplyDelete
  3. wuih kerennn bangeettt ini revew nya..
    semoga sukses ya :)

    ReplyDelete
  4. Wah, ilustrasinya lucu dan kreatif..suskses ya....

    ReplyDelete
  5. wah daebak min.. lbih bgus ini d bnding punyaku ^_^

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Ini lagi belajar utak-atik Corel haha..... Itu buat ilustrasinya harus bertapa di Google dulu. But, makasih yaaaa;)

      Delete
  7. bagus banget kunjungi blog ku http://linkvariasi.blogspot.com/2014/05/cetak-foto-mudah-dengan-pictalogi.html

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Iya makasih ya. Sukses juga buat kamu.

      Delete
  9. keren abis !!!
    belajar desain dimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa aja ah. Otodidak:) Ini masih newbie banget ceritanya, masih belajar2......

      Delete
  10. Selamat. Kamu menjadi pemenang pertama gan :) Saya salut dengan tulisan dan desain yang ada di blog ini. Keren banget :))

    ReplyDelete
  11. selamat ya bhro udah jadi juara 1 di blog pictalogi :D
    emang keren nih tulisa selamat ya....

    semoga suksesnya bisa nular ke Ane, amin amin amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya bro;) Oke, entar kita sukses bareng2...... Amin

      Delete
  12. Wow, juara I! Selamat ya, Rosiy. Kian kenceng rezekinya. Uraiannya yang panjang lebar dan jelas itu bikin aku mupeng, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya kak;) Amin, amin, amin deh buat do'anya. Semoga kakak juga diberikan rezeki yang lancar juga haha:D

      Delete
  13. bagus bro! kalo saya kurang mahir buat objek langsung di corel. Biasanya tracing alias njiplak bikin ulang. omong2 selamat ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak, kalo boleh jujur itu ilustrasinya juga aku masih bikin ulang dari referensi google hehe:)

      Delete
    2. Oke, terus berkarya ya :) mudah-mudahan suatu saat kita bisa sharing tentang design grafis

      Delete
    3. Pastinya dong, berkarya itu hukumnya wajib bagi saya hehe. Amin, kita masih pada belajar dulu yang serius baru deh kalo udah bisa berbagi. Menularkan hal2 yg positif kan bermanfaat banget.

      Delete