Friday, May 30, 2014

Bersama Speedy Instan @wifi.id Semua Bisa Online


Di era modernisasi ini, tanpa kita sadari segala aktivitas yang kita lakukan pasti ada kaitannya dengan koneksi internet.  Internet sangat membantu pekerjaan manusia, seperti transformasi surat-menyurat yang kini menggunakan surat elektronik. Internet juga seolah telah menjadi kebutuhan wajib manusia selain sandang, pangan, dan papan. Namun, koneksi internet di Indonesia terbilang masih belum stabil. Banyak yang mengeluhkan bahwasannya koneksi internet di Indonesia itu ribet, mahal, dan lambat. Untuk menjawab persoalan ini, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) selaku perusahaan BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi Indonesia mengembangkan Speedy Instan untuk menikmati internet broadband Indonesia Wifi. Indonesia Wifi sendiri memiliki program 1 juta Wifi dalam satu SSID: @wifi.id.

Speedy Instan merupakan layanan Speedy dengan koneksi “normally open” yang dipasang pada pelanggan yang mengikuti program Broadband Ready. Karena menerapkan konsep PAYU atau Pay As You Us, pengguna Speedy Instan pun dapat menggunakan layanan ini sesuai kebutuhan yang dikehendaki tanpa abonemen bulanan. Speedy Instan atau juga biasa dikenal dengan SPIN ini tersedia di seluruh Indonesia. Untuk mengakses layanan SPIN ini pun tak sulit, kita cukup berbekal username dan password yang bisa digunakan untuk login akses internet broadband di Speedy Instan, Speedy Hotspot maupun Indonesia Wifi (@wifi.id). Setelah itu kita cukup mengunjungi beberapa internet broadband yang berada di sekitar tempat tinggal, sekolah, atau kantor kalian dan mengkoneksikan gadget yang kita miliki dengan layanan SPIN ini.

Saya sendiri pertama kali dikenalkan SPIN saat mengikuti Kompetisi Blog Berbasis Open Source yang diadakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya pada tahun 2013. Pada saat itu saya mendapatkan username dan password dari Speedy Instan Card yang masing-masing peserta diberi satu persatu oleh panitia. Sangat mengesankan menggunakan Speedy Instan Card dan dari pengalaman pertama saya inilah benih-benih cinta terhadap Speedy Instan Card pun mulai bersemi. Saya pun ditaklukkan dengan rayuan koneksi internet Speedy Instan yang cepat, mudah dan murah ini. Selain itu masih banyak lagi pengalaman saya menggunakan Speedy Instan ini, diantaranya:

Tugas Sekolah Kian Mudah Diselesaikan

Suasana akses Speedy Instan di sekolah.
Tugas sekolah menjadi momok yang paling ditakuti pelajar Indonesia. Namun, dengan keberadaan Speedy Instan tugas sekolah pun lebih cepat dan lebih mudah untuk dikerjakan. Terlebih lagi sekolah yang saya gunakan untuk mengenyam pendidikan, SMK Negeri 5 Surabaya, memiliki akses internet broadband Indonesia Wifi (@wifi.id). Beberapa akses internet broadband Speedy Instan pun terpasang dengan gagah di beberapa titik di sekolah saya. Selasar area Bursa Kerja dan Keahlian SMK Negeri 5 Surabaya menjadi tempat favorit saya menghabiskan waktu sehabis pulang sekolah guna menyelesaikan tugas sekolah. Sendiri ataupun ramai-ramai tak menjadi alasan saya untuk tidak menggunakan akses internet Speedy Instan ini.

Beberapa titik hotspot Speedy Instan di sekolah yang ramai dikunjungi.

Di sekolahku sendiri terdapat beberapa jaringan hotspot dari Speedy Instan @wifi.id maupun dari @wifi.id sendiri. Setahu saya terpasang tiga titik hotspot. Yang pertama, di Auditorium SMK Negeri 5 Surabaya, di depan bengkel Teknik Kendaraan Ringan yang terakhir menjadi lokasi favorit saya untuk ber-Speedy Instan ria, yakni di Ruang Bursa Kerja dan Keahlian SMK Negeri 5 Surabaya. Semuanya ramai diserbu teman-teman saat istirahat tiba dan akan membeludak saat pulang sekolah. Maklum saat pulang sekolah lebih enak main internet dulu atau mengerjakan tugas sekolah.

Jika  tidak ada tugas sekolah biasanya saya menggunakan layanan Speedy Instan untuk mengakses ilmu pengetahuan dan wawasan yang menunjang materi pembelajaran di kelas. Semisal kalau ada materi ada yang belum paham, tinggal cari di internet. Layanan Speedy Instan ini sangat membantu saya sebagai pelajar dan juga teman-teman lainnya di sekolah dalam menyelesaikan tugas sekolahnya. Secara tidak langsung, keberadaan layanan Speedy Instan di sekolah-sekolah akan memajukan pendidikan di Indonesia. Speedy Instan sendiri tersedia di beberapa sekolah di seluruh Indonesia. Bagaimana dengan sekolahmu?

Teman Asyik Hangout

Kenyamanan yang ditawarkan area Speedy Instan di Royal Plaza, Surabaya.

Momen paling bermutu bersama sahabat ialah saat kumpul bersama. Melepaskan penat akan rutinitas sehari-hari yang menguras tenaga dan pikiran. Spot favorit untuk kumpul bersama teman-teman ialah spot yang tidak hanya menawarkan suasana yang nyaman. Tetapi juga koneksi internet yang memadai. Ya, tentunya untuk membuka akun sosial media masing-masing. Dan spot favorit saya dan teman-teman ialah Royal Plaza Surabaya. Kenapa di Royal Plaza Surabaya? Karena, mall ini menyediakan akses internet broadband Speedy Instan. Terdapat pula area khusus yang disediakan untuk menikmati akses Speedy Instan. Area ini terletak di lantai 2 dengan suasana terbuka dan didominasi warna merah merona.

Pengunjung yang diberitahu cara mengakses Speedy Instan.

Tersedia beberapa meja serta kursi yang dapat digunakan untuk mengakses Speedy Instan. Bingung sudah sampai di sana tapi belum mempunyai username dan login guna mengakses Speedy Instan? Tenang saja, disana juga tersedia layanan gratis username dan password loh. Saya kalau lagi tidak uang biasanya memanfaatkan gratisan ini. Kalau mau bayar juga ada, kalian bisa membeli Speedy Instan Card disini. Ketika baterai mulai low pun tak usah bingung karena di area ini juga tersedia beberapa colokan listrik. Kumpul bersama teman pun kian seru! Tambahan, kakak-kakak penjaga area Speedy Instan di Royal Plaza juga cantik-cantik. Jadi, semakin betah deh.

Taman Bungkul, salah satu taman yang direvitalisasi Telkom.

Tak hanya di mall atau pusat perbelanjaan saja, akses internet broadband Speedy Instan @wifi.id pun dapat diakses di area publik lainnya. Seperti di Taman Bungkul Surabaya. Taman yang pernah mendapatkan penghargaan terbaik se-Asia Pasifik ini menjadi destinasi semua kalangan masyarakat Surabaya. Khususnya anak muda seperti saya. Taman Bungkul menjadi satu diantara banyak alternatif lain guna menghabiskan waktu bersama teman-teman. Aktivitas yang paling sering dilakukan apalagi kalau bukan mengakses internet. Cukup bermodalkan laptop kita sudah bisa mengakses internet dengan mudah dan murah. Sebab, di Taman Bungkul ini terintegritas dengan layanan Speedy Instan.

Meraih Prestasi dari Beberapa Kompetisi

Kompetisi Blog Berbasis Open Source. Diambil melaui webcam laptop.

Seperti yang sebelumnya saya sampaikan. Pertama kali saya dikenalkan dengan Speedy Instan ialah saat mengikuti Kompetisi Blog Berbasis Open Source oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya. Syukurnya dengan bantuan Speedy Instan saya dapat menyelesaikan kompetisi yang mengharuskan peserta untuk membuat blog dan konten yang ada di dalamnya secara on-the-spot dan pulang dengan gelar juara tiga kompetisi tersebut.

Selanjutnya masih ada Deteksi Convention 2k13 oleh Deteksi Jawa Pos. Deteksi Convention 2k13 merupakan konvensi anak muda terbesar dan juga sebagai ajang pameran berbagai karya anak muda Surabaya, seperti majalah dinding dua dimensi, majalah dinding tiga dimensi, papercraft dan masih banyak lagi. Kebetulan pada event ini saya mengikuti Journalist Blog Competition. Sama seperti kompetisi sebelumnya, pada kompetisi ini untuk akses internet masih dipercayakan dengan kemampuan Speedy Instan. Sayangnya, pada kompetisi ini saya tidak berhasil pulang dengan predikat juara. Tetapi saya cukup bangga mengikuti kompetisi ini, karena setiap harinya saya mendapatkan Speedy Instan Card secara cuma-cuma.

Itulah segilintir pengalaman saya menggunakan Speedy Instan yang dapat disampaikan disini. Sangatlah menarik bukan? Karena, dengan Speedy Instan akses internet menjadi lebih mudah, lebih cepat dan lebih murah. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya untuk mendapatkan akses internet Speedy Instan seperti apa yang telah saya ceritakan sebelumnya. Yuk, saya kasih tahu caranya agar kalian bisa seperti saya yang dapat mengakses internet dengan mudah, murah dan cepat.

Cara mendapatkan layanan akses Speedy Instan

Speedy Instan Card dapat dibeli di Plasa Telkom dan outlet-outlet tertentu.

Terdapat beberapa pilihan cara untuk memudahkan akses layanan Speedy Instan yang dapat dipilih, seperti melalui Speedy Instan Card atau Speedy Instan 8108. Untuk Speedy Instan Card dapat diperoleh di Plasa Telkom atau Authoried Dealer / Outlet yang bekerja sama dengan Telkom, saya pribadi biasanya membeli Speedy Instan Card di Plasa Telkom Dinoyo, Surabaya. Harganya cukup murah hanya lima ribu rupiah untuk sehari pemakaian. Untuk Speedy Instan 8108 sendiri cukup melakukan registrasi dengan cara:

Ketik NET <spasi> (Denominasi) kirim ke 8108

Cukup ketik: NET <spasi> (Denominasi) kirim ke 8108. Kalian sudah bisa online!

Untuk jumlah denominasi tersedia mulai dari seribu rupiah hingga empat ratus ribu rupiah sesuai selera dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Sampai saat ini untuk layanan Speedy Instan 8108 hanya diperuntukan pengguna Telkomsel dan Flexi saja. Untuk denominasi yang lima ribu rupiah biasanya pemakaiannya itu satu hari.

Usernama dan password login yang dapat dilihat dibelakang Speedy Instan Card. Gosok dulu!

Selanjutnya, baik melalui Speedy Instan Card maupun Speedy 8108 nantinya akan mendapatkan username dan password guna login akses internet Speedy Instan. Untuk Speedy Instan Card username dan password dapat diperoleh dari bagian belakang kartu dan sms balasan berupa username dan password jika melalui Speedy 8108.

Lokasi hotspot Speedy Instan dapat dicari di website: http://speedyinstan.com/.
Cari hotspot Speedy Instan, lalu dikoneksikan deh.

Username dan password sudah ada. Kini saatnya kalian mencari internet broadband Speedy Instan seperti SSID Speedy Instan, Speedy Hotspot maupun Indonesia Wifi (@wifi.id) yang tersedia di seluruh Indonesia, biasanya sih ada di tempat-tempat umum seperti taman kota, restoran, café, sekolah, dan masih banyak lagi. Koneksi gadget kamu  ke internet broadband Speedy Instan, biasanya sih kalau saya pribadi biasanya pakai Speedy Instan atau @wifi.id. Untuk lebih detailnya dalam mencari lokasi hotspot Speedy Instan kalian dapat mengunjungi website resmi Speedy Instan dengan alamat: http://speedyinstan.com/ atau melalui website resmi Indonesia Wifi dengan alamat: http://www.indonesiawifi.com/.

Masukkan username dan login akses layanan Speedy Instan. Jangan sampai salah ketik ya!

Setelah terkoneksi selanjut buka web browser kalian dan akan langsung menuju ke welcome page atau halaman login Speedy Instan. Masukkan username dan password yang telah dimiliki. Lalu, kalian akan diberi opsi membuat akun Speedy Instan. Gunanya untuk memudahkan kalian login kembali setelah logout, jadi username dan password-bisa disesuaikan.

Sudah berhasil terkoneksi!

Akan muncul jendela baru yang berisikan informasi bahwa gadget kalian benar-benar terkoneksi dengan Speedy Instan. Kini saatnya kalian menikmati sensai bermain internet secara mudah, cepat dan murah bersama Speedy Instan. Tapi jangan sampai lupa waktu yaaa!

Saat berinternet ria. Bersama sahabat lebih asyik tentunya.

Oh ya, saya juga ingin menceritakan apa saja keunggulan dari Speedy Instan yang membuat saya lebih kesemsem menggunakannya daripada layanan akses internet lainnya:

Mau buka Google, Yahoo, apapun. Lebih cepat tanpa loading lama dengan Speedy Instan.

Yang pertama, browsing lebih cepat. Browsing merupakan kegiatan yang sering dilakukan saat berinternet ria. Cukup membuka search engine dan mengetikkan kata kunci, saya sudah dapat membuka jendela dunia luar. Saya dapat mengetahui kondisi di luar Indonesia melalui peta dunia online, kanal berita yang berisikan informasi update terbaru mengenai perkembangan dunia luar. Pengetahuan dan wawasan saya pun bertambah lebih banyak, belajar pun tak sekedar duduk di bangku sekolah dan mendengarkan guru menerangkan. Tetapi, cukup membutuhkan gadget dengan koneksi internet terlebih lagi melalui akses layanan Speedy Instan yang kecepatannya hingga 10 Mbps.

Streaming video tanpa buffering. Seru bukan?

Kedua, streaming video. Banyak orang yang mengeluh di saat membuka streaming video, baik melalui Youtube, Vimeo maupun layanan penyedia video streaming lainnya terjadi koneksi yang lambat. Membuat kenyamanan saya dalam melihat video menjadi tersedak-sedak. Namun, semenjak menggunakan akses layanan Speedy Instan mau melihat video apapun dimanapun menjadi lebih cepat. Tambah menunggu buffering ataupun loading yang berkepanjangan.

Kecepatan download dan upload Speedy Instan di sekolah.

Ketiga, download yang tak lagi lama. Ketika berinternet ria tak lengkaplah sudah bilamana saya tidak men-download beberapa file yang saya inginkan. Misalnya, materi pelajaran, video hiburan, hingga music yang dapat mematikan rasa bosan saya. Saya juga dapat mengoleksi beberapa music video artis luar negeri yang menjadi favorit saya. Download menggunakan akses layanan Speedy Instan pun tak perlu menunggu lama. Setelah klik ‘Download’, tunggu beberapa saat file yang kita inginkan pun sudah didapatkan.

Foto bersama Dino Patti Djalal. Saya ada di sebelah kirinya pak Dino. Gaul gak sih?

Keempat, menambah rezeki. Kata siapa internet tidak dapat membuahkan pundi-pundi rupiah. Saya buktinya. Berawal dari hobi mengutak-atik blog, saya dapat memperoleh apa yang saya inginkan. Misalnya, laptop yang saya idamkan sejak duduk di bangku SMP dapat terwujud di awal tahun 2014 yang lalu. Itu semua berkat memenangi suatu kompetisi blog. Melalui blog juga saya dapat melancong ke Jakarta secara cuma-cuma dan bertemu langsung dengan Bapak Dino Patti Djalal, mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika. Dan baru-baru ini saya mengikuti kompetisi blog yang diadakan Speedy Instan. Cukup menceritakan pengalaman menggunakan Speedy Instan Card dan Speedy Instan 8108. Untungnya, pengalaman saya menggunakan akses layanan Speedy Instan cukup banyak. Semoga saja saya menjadi salah satu pemenangnya dan hadiah yang diperoleh sudah saya targetkan untuk ditabung hingga kuliah nanti. Terima kasih sebelumnya kepada akses layanan Speedy Instan yang telah memudahkan saya dalam mengakses blog saya hingga memenangkannya.

Update status dulu: "Aku cinta kamu, tapi kamu tak cinta aku. #AkuRapopo"

Kelima, menjalin silahturami tanpa mengenal jarak. Dengan kemudahan mengakses internet menggunakan akses layanan Speedy Instan, silahturami dengan kerabat jauh pun kini tak lagi harus mengunjungi ke rumahnya. Karena akan memakan waktu dan biaya, bukan? Sekarang saya cukup membuka gadget yang terkoneksi dengan layanan Speedy Instan lalu mengunjungi beberapa akun sosial media saya. Terutama teman-teman saya saat SMP yang telah lama tak bertemu, namun berkat kehadiran sosial media kini jarak pun tak menjadi hambatan untuk bersilahturami. Paling sering menggunakan Facebook dan Twitter.


Saya sudah membuktikkan keampuhan menggunakan akses layanan Speedy Instan. Internet menjadi begitu murah dan cepat! Teman-teman saya pun sudah membuktikannya juga setelah saya menceritakan pengalaman saya menggunakan Speedy Instan. Kini giliranmu yang menggunakan Speedy Instan! Terimakasih Speedy Instan @wifi.id!



Referensi: 
  1. Official website Speedy Instan http://www.speedyinstan.com/ Diakses 28 Mei 2014.
  2. Official website Telkom Speedy http://www.telkomspeedy/ Diakses 28 Mei 2014.
  3. Official wensite Indonesia Wifi htttp://www.indonesiawifi.com/ Diakses 28 Mei 2014.

Tulisan ini asli, karya penulis sendiri dan sedang diikutsertakan dalam


16 comments:

  1. Bagus ceritanya :) banyak foto2nya lagi :D hehe saya kl nulis di blog jarang pakai foto, soalnya kadang bingung mau dikasih foto apa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya. Ini aja aku bela2in pinjem kamera ekskul aku hehe, aku juga kadang bingung mau dikasih foto apa. Sama2 belajar gitu, semangat!

      Delete
  2. wah, lengkap banget artikelnya! :D
    sukses ya buat kontes blognya. :)

    ReplyDelete
  3. Wow .. lengkap bingits .... masih sekolah? Tulisannya keren lho apalagi kalo selalu diasah. Mudh2an menang ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak;) Iya ini masih belajar nulis juga hehe.......

      Delete
  4. wah menarik sekali bro pengalman nya, semoga menang yah, by priangga.web.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makasih kak, udah kalah kok sayangnya hehe.

      Delete
  5. hai rosiy.. waahhh gaul bingits bisa berfoto sama pak dinopati jalal ^-^,sukses ya buat lomba blog'y smg menang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha makasih ya kak, btw ini udah kalah kok:)

      Delete
  6. enak ya gan, di daerah ane msih sedikit jaringan wifi id
    kunjungan balik ya Cek Harga HP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daerah mana ya kak kalau boleh tahu?
      Siap meluncur ke TKP!

      Delete