Saturday, April 12, 2014

Suzuki Karimun WagonR: Mobil 'SUPER' , Berfitur Lebih dari Cukup

Suzuki Karimun Wagon R pada perhelatan The 21th Indonesia International Motor Show (IIMS).
(Sumber foto: Infotransyogi)

Suzuki Karimun WagonR

Berbagai inovasi terus ditawarkan oleh para produsen mobil untuk menarik minat pembeli. Masih hangat terdengar di telinga kita, wacana mengenai mobil murah dan ramah lingkungan yang digulirkan oleh pemerintah beberapa tahun silam. Hingga akhirnya, pada tahun 2013 wacana tersebut membuahkan hasil berupa Peraturan Presiden (PERPRES) no. 41/2013 dan Peraturan Menteri Perindustrian (PERMENPERIN) no. 33/M-IND/PER/7/2013 yang mengatur produk Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) atau sebelumnya disebut juga Low Cost Green Car (LCGC). Alhasil, dengan diberlakukannya peraturan mengenai KBH2 banyak produsen mobil menyambut positif dengan memperkenalkan produk terbarunya. PT Suzuki Indomobil Sales, misalnya. Melalui ajang otomotif akbar "The 21th Indonesia International Motor Show (IIMS)" pada acara bertajuk "Introduction of Suzuki LCGC Karimun WagonR" di booth Suzuki pada tanggal 19 September 2013 lalu, meperkenalkan kepada publik varian mobil LGCG bernama: Karimun WagonR. Mobil ini resmi diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales pada tanggal 11 November 2013 dan serentak dilakukan peluncuran nasional di kota-kota wilayah Indonesia dengan diadakannya pameran bertajuk "Karimun WagonR Super Show". Acara peluncuran secara nasional pun disiarkan di stasiun televisi, TRANS TV secara langsung/live dilaksanakan pada tanggal 10 November 2013.

Karimun WagonR tak hanya menjadi mobil murah yang ramah lingkungan saja, namun mobil ini juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan komoditi kendaraan bermotor empat. Menggabungkan konsep multi guna dan nyaman, membuat kemudahan sekaligus kenyamanan perjalanan sehari-hari masyarakat modern Indonesia. Dipadukan dengan empat konsep pengembangan meliputi: "Interior yang luas, dan terbuka", "Kegunaannya yang banyak dan praktis membuat para penumpang dapat merasakan pengalaman berkendara yang nyaman dan juga mengangkut banyak barang", "Bahan bakar yang efisien", dan yang terakhir "Harga yang terjangkau yang memungkinkan banyak orang merasakan pengalaman berkendara tersebut".

Mobil kompak ini mengusung fitur-fitur andalan yang memiliki unsur 'SUPER' —Spacious, Useful, Practical, Efficient, Reasonable— membuatnya berbeda dengan mobil pada umumnya dan menjadi daya tarik utamanya. Banyak keunggulan diberikan pihak Suzuki Indonesia dalam meningkatkan minat beli konsumen. Endro Nugroho selaku 4W Sales Director PT. SIS, menjelaskan bahwa pada November 2013 saja Karimun WagonR sudah terpesan sebanyak 1.800 unit. Terhitung pada 25 Maret 2014 silam, jumlah inden meningkat hingga 5.800 unit. Ini semua merupakan bukti konkret bahwa Suzuki WagonR masih diterima positif oleh masyarakat Indonesia.

Sejarah singkat
Nama Karimun WagonR ini sendiri diambil sebagai refleksi reputasi keberhasilan Suzuki Karimun dan WagonR selama ini. Terlihat sejak produk Karimun berhasil menyentak pasar otomotif Indonesia di kelas city car dan juga penjualan produk WagonR di mancanegara khususnya di negara asal mobil ini berkembang, Jepang. Sejak awal diluncurkan tanggal 9 September 1999 silam, keberadaannya selama 8 tahun hingga 206, Karimun mampu memimpin pasar di kelasnya. Dilanjutkan dengan pengembangan dan dipasarkannya Karimun Estilo (4 silinder) mulai tahun 2007 hingga 2009 untuk meneruskan kesuksesan Karimun generasi sebelumnya. Tahun 2010-2012 dipasarkanlah Karimun New Estilo (3 silinder) sebagai generasi baru Karimun.

Selain itu, nama WagonR digunakan karena Karimun WagonR merupakan unit yang mengadopsi desain Suzuki WagonR yang sukses di Jepang dengan kabin yang lega, efisiensi konsumsi bahan bakar, ke-mutifungsi-an dan harga terjangkau. Dalam namanya sendiri, huruf 'R' diartikan sebagai Recreation atau dalam bahasa Indonesia berarti rekreasi.

Sejak diluncurkan pada tahun 1999 hingga 203 total penjualan produk seri Karimun telah mencapai angka sebesar 48.619 unit dan menjadi bukti konkret Karimun dapat diterima di pasar Indonesia dengan baik dan membawa brand image Suzuki semakin dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Sedangkan produk WagonR, telah diluncurkan pada tahun 1993 silam di Jepang, telah diterima dan diakui oleh Jepang atas keunggulan fiturnya yang cukup gemilang dengan penjualan WagonR di Jepang sendiri dalam kurun waktu 20 tahun (1993-2013) berhasil mencapai 4 juta unit dan pada penjualan secara global (termasuk di dalamnya Eropa, India, dan Cina) hingga saat ini total akumulasinya telah menembus angka 6,4 juta unit.

Apa saja keunggulan Karimun WagonR?

Desain lega dan elegan yang ditawarkan Suzuki WagonR.
(Sumber foto: Official Website Suzuki Karimun Wagon R)

1. Spacious Lebih Lega dalam Berkendara.

Karimun WagonR, sebuah mobil kompak dengan bentuk kotak atau biasa dikenal dengan istilah boxy. Lampu besar (headlight) yang lebih besar dan pengaruh yang kuat tersedia pada grille-nya yang besar, dengan mengadopsi lensa berwarna biru "Blue Eyes" menambah kesan tegas dan dinamis. Gaya urban didesain pada roof rail-nya.  Pengemudi dimanjakan dengan kemudahan yang ditawarkan dengan kelengkapan Wide Outside Mirror dan Wide Front Glass dalam mengemudikan mobil ini. Untuk memperkuat struktur bodi, mobil ini menggunakan plat bodi lebih tebal dari kompetitornya yang identik dengan mobil ber-plat mobil tipis yang sangat ringkih ketika terjadi kecelakaan.

Mobil ini memiliki interior yang luas meskipun mempunyai bodi kompak, namun bentuk perseginya memberikan kesan lega. Terbagi dari head room dan leg room, mobil ini mampu menampung penumpang hingga 5 orang sekaligus. Bagasi yang luas pun mampu menampung barang lebih banyak, terlebih lagi bagasi ini dapat diperluas dengan melipat bagian jok belakang yang mampu memuat barang yang lebih panjang. Jarak bagasi 725 mm dari atas tanah mampu meminimalisir tenaga saat mengangkut barang bawaan berat.

Kenyamanan pengemudi pun menjadi prioritas utama dengan posisi tinggi memberikan pengemudi posisi pandang yang tinggi, mampu memudahkan penghilatan pengemudi terhadap arah jalan. Dengan tinggi 710 mm dari permukaan tanah, posisi tempat duduk ini membuat mudah untuk diduduki. Serta dilengkapi pintu yang dapat membuka selebar 77 derajat, lebih memudahkan proses keluar masuk penumpangnya.

2. Useful Mudah Dikendarai.

Desain compact membuat Karimun WagonR mudah dikendarai kemana saja bahkan di jalan sempit sekalipun, sehingga lebih nyaman digunakan untuk segala keperluan. Jarak wheelbase-nya sekitar 2.400 mm dengan ground clearance sekitar 170 mm, membuatnya mudah saat parkir karena radius putarnya hanya 4,6 m. Cocok digunakan sebagain kendaraan untuk ngantor, sekolah, liburan, shopping, maupun aktivitas lainnya. Mobil ini sangat pantas dipakai untuk menemani keriuhan rutinitas sehari-hari yang membutuhkan efisiensi dalam berkendara.

Kepraktisan dalam menyimpan barang bawaan dengan adanya Under Seat Tray hingga 11 kompartemen multifungsi.
(Sumber foto: Official Website Suzuki Karimun Wagon R)

3. Practical Kepraktisan dalam Berkendara.

Karimun WagonR memang dirancang dengan berbagai kepraktisan dalam berkendara. Selain bagasi luas yang telah disampaikan sebelumnya. Mobil ini mempunyai banyak kompartemen penyimpanan. Sebuah Under Seat Tray membuat penyimpanan barang saat parkir lebih terjamin keamanannya karena letaknya tersembunyi di bawah tempat duduk penumpang depan. Untuk fitur Under Seat Tray ini hanya tersedia untuk Karimun WagonR tipe GX. Masih terdapat tambahan pada jok depan dan belangkangnya dilengkapi dengan tempat minuman yang dapat menyimpan botol plastik ukuran 660ml. Tak hanya itu saja, di dalam kabin terdapat 11 kompartemen multifungsi. Wajar apabila dalam menyebut mobil ini memenuhi kendaraan multifungsi yang lengkap.
Mesin Karimun WagonR yang efisien dan responsif.
(Sumber foto: Official Website Suzuki Karimun Wagon R)

4. Efficient Mesin Efisien dan Responsif.

Penggunan mesin terbaru K10B engine yang terbuat dari bahan alumunium yang ringan ini ditujukan untuk mengurangi bobot kendaraan namun tetap bertenaga. Dilengkapi dengan Gear Shift Indicator membantu pengemudi dalam menentukan kapan ia harus memindahkan perseneling ke gigi yang lebih tinggi atau renda. Mesin berkapasitas 998cc,DOHC, 12-katup, 3 silinder ini mempunyai teknologi injeksi ini menghasilkan tenaga sebesar 80 Ps dan torsi 90 Nm memaksimalkan ketika mobil dipacu secara step and go yang dibuat merata di setiap putaran mesin. Ditunjang dengan Metal Timing Chain dapat menekan biaya perawatan menjadi lebih murah dan tahan lama yang dimana mesin digerakkan dengan rantai besi.

Konsep mobil ramah lingkungan ditunjukkan dari emisi gas buangnya yang sangat rendah di angka 109 g/km. Mesin Karimun WagonR dilengkapi dengan Intake Manifold, berfungsi untuk meminimalisir penguapan bahan bakar dari radiasi mesin dan bahannya yang terbuat dari plastik membuat bobot mesin lebih ringan dan menghasilkan bahan bakar lebih efisien serta akselerasi lebih responsif. serta keberadaan Multi Point Injection, dan sistem Penggerak Roda Depan. Mengutip dari Suara Merdeka.com, mobil ini terbilang irit dengan bahan bakar 1 liter bisa menempuh jarak sejauh 30 km.

5. Reasonable Mobil Murah 'Lebih dari Cukup'.

Karimun WagonR sebagai mobil low cost green car hadir dengan harga terjangkau sehingga banyak orang memungkinkan untuk merasakan pengalaman berkendara yang diberikan dari mobil ini. Harga yang ditawarkan masih berkisar di bawah Rp 100 juta. Sesuai dengan slogannya yang berbunyi: 'Lebih dari Cukup', semua tipe dari Karimun WagonR sudah dilengkapi dengan Air Conditioner (AC), Immobilizer dan Gear Shift Car membuat mobil ini menjadi pilihan yang lebih masuk akal dilihat dari harga terjangkaunya.

Kelengkapan keamanan yang lebih terjamin pada Karimun WagonR.
(Sumber foto: Official Website Suzuki Karimun Wagon R)

6. Keamanan yang Lebih Terjamin.

Fitur key with immobilizer menjadi perhatian penting agar menekan angka pencurian kendaraan, perlu kita ketahui dewasa ini kian banyak kasus pencurian berkandaraan bermotor di Indonesia. Immobilizer merupakan teknologi kunci dengan kode elektrikal yang langsung tersambung dengan ECU (Electronic Control Unit atau komputer yang mengatur sistem mobil), dapat mengenali sinyal yang dikirimkan dari kunci memiliki fitur Keyless, alhasil jika anda menduplikasi kunci tanpa chip khusus di dalamnya, maka dipastikan mobil ini tidak dapat dihidupkan sama sekali terkecuali dengan kunci yang berasal dari bawaan pabrik. Serta dilengkapi aspek keselamatan atau safety seperti Safety Belt serta penambahan fitur Child Proof Door Lock. Fitur Child Proof Door ini difungsikan untuk mengantisipasi terbukanya pintu dari dalam secara tidak sengaja, terutama oleh anak-anak. Sehingga tak perlu khawatir membawa putra-putri anda untuk berkendara dengan Karimun WagonR ini.

7. Kualitas Audio yang Bombastis.

Kualitas audio yang diatas rata-rata para pesaingnya disematkan di dalam Karium WagonR, terutama untuk tipe GX yang telah dibekali dengan head unit double din dengan koneksi USB dan Auxiliary yang terintegrasi dengan dashboard dirasa pantas untuk mobil yang dibanderol dengan harga murah.

8. Desain Menawan dan Elegan.

Tak hanya bodi yang tampak kotak dan menawan, tampak dari luar juga didukung dengan gaya city car yang terkesan modern dan mewah. Karena, adanya desain Front Grill yang didesain secara elegan dan roof trail untuk memudahkan pengendara dalam menempatkan barang pada bagian atap mobil. Fitur roof trail ini hanya tersedia pada tipe GX dan GL, dan dapat juga dibongkar pasang sesuai kebutuhan dan keinginan pengendara. Dan dari dalam dashboard modern dengan perletakan panel instrumen dan terjangkau oleh pengemudi dan penumpang yang ada di dalam mobil.

9. Pilihan Warna Menarik Perhatian.

Dari segi warna, Karimun WagonR memiliki 8 pilihan warna cantik yang akan menarik perhatian konsumen. Warna tersebut diantaranya: Splash Green, Lagoon Turquoise, Silky Silver, Pearl White, Graphite Gray, Cool Black, Radiant Red, Burgundy Red.

Menarik perhatian bukan, keunggulan dari Suzuki Karimun WagonR mengingat mobil ini termasuk dalam jajaran mobil murah, namun tetap memiliki performa dan fitur yang tak dapat diremehkan. Karimun WagonR terbukti menjadi solusi mobil masa kini dan masa depan dengan diraihnya penghargaan BEST Low Cost Green Car pada ajang OTOMOTIF Award 2014. Dengan penilaian dari faktor performa, konsumsi BBM, fitur dan harga.
Varian warna yang diberikan oleh Suzuki Karimun WagonR.
(Sumber foto: Official Website Suzuki Karimun Wagon R)

3 Tipe Suzuki Karimun WagonR

Bagi kalian yang telah tertarik dengan penawaran fitur diatas, untuk pasaran Indonesia sendiri Suzuki Karimun WagonR membuka 3 pilihan tipe yang dapat dipilih dengan garansi selama 3 tahun atau setara dengan 100.000 km. Tergantung dari besarnya budget yang dimiliki, tiga tipe ini dibagi menjadi tipe paling standar, medium, dan high-end dengan spesifikasi sebagai berikut:
  • Karimun WagonR GA, tipe paling standar. Dilengkapi dengan Air Conditioner, Immobilizer, Gear Shift Indicatior, steel wheel, dan memiliki 4 pilihan warna: Silki Silver, Cool Black, Radiant Red, dan Graphite Red. Tipe ini ditawarkan dengan harga Rp 77 juta.
  • Karimun WagonR GL, tipe medium. Dilengkapi dengan roof rail, head unit Singe Din, Air Conditioner, Immobilizer, Gear Shift Indicator, Power Window, dan Power Steering, alloy wheel, dan memiliki 7 pilihan warna yaitu Lagoon Turquoise, Splash Green, Silky Silver, Cool Black, Radiant Red, Graphite Grey dan Burgundy Red. Tipe ini ditawarkan dengan harga Rp 89,9 juta.
  • Karimun WagonR GX, tipe high-end. Dilengkapi dengan roof rail, grill chrome, head unit 2Din dengan USB, Air Conditioner, Immobilizer, Gear Shift Indicator, alloy wheel, Security Alarm, Keyless entry, Seat Under Tray, dam memilih 8 pilihan warna menarik: Lagoon Turquoise, Splash Green, Silky Silver, Cool Black, Pearl White, Radiant Red, Graphite dan Burgundy Red. Untuk tipe GX ini ditawarkan dengan harga Rp 99,9 juta.
 Harga di atas merupakan harga on the road Jabodetabek.
Tiga tipe Karimun WagonR: tipe GA, tipe GL, dan tipe GX.
(Sumber foto: Suzuki Mobil Jogja)
Komparasi ketiga tipe Karimun WagonR.
(Sumber foto: Official Website Suzuki Karimun Wagon R)

Masih terdapat layanan tambahan....

Tak hanya keunggulan dari produk yang telah disampaikan di atas. PT Suzuki Indomobil Sales juga telah mempersiapkan layanan 3S (Sales, Service, Spareparts) bagi produk Karimun WagonR. Sebanyak 6.678 wiraniaga Suzuki mendukung penguatan penetrasi pasar Karimun WagonR di Indonesia, dengan jaringan penjualan 3S dan 1S dengan total 244 yang telah memenuhi standar Suzuki dan telah tersebar di seluruh Indonesia. Ditambah dengan kesiapan dari aftersales dengan terakomodirnya suku cadang Karimun WagonR di seluruh jaringan Bengkel Resmi Suzki (Beres S) di Indonesia, serta kesiapan tenaga mekanik yang berkualitas. Maka, tak ayal masyarakat dan konsumen Suzuki di Indonesia telah yakin dengan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan dari produk Karimun WagonR.

PT Suzuki Indomobil Sales menawarkan pula cara mudah dalam mengantisipasi antrian servis Karimun WagonR di bengkel Suzuki, yakni melalui booking service online hanya dengan mengunjungi Official Website Suzuki Karimun WagonR dan mengisi beberapa form berupa data diri, spesifikasi kendaraan yang dimiliki dan pilihan waktu servis 3 hari kerja sebelum hari yang dipilih.


Video TV Commercial Karimun WagonR. (Sumber: Youtube)

Spesifikasi utama Suzuki Karimun WagonR —klik foto untuk memperjelas.
(Sumber foto: Official Website Suzuki Indonesia)

Bagaimana cara mendapatkan mobil ini?

Penjelasan lebih lanjut mengenai fitur dan harga yang dimiliki Suzuki Karimun WagonR dapat diperoleh dengan berbagai cara diantaranya:

Langsung datang ke kantor pusat:

Spare Parts Division

PT. Suzuki Indomobil Motor
Spare Parts Directorate
Jl. Diponegoro KM 38,2
Tambun - Bekasi 17510
Telp : (021) 8809940,
         (021) 8809941 ext 206
         (021) 8809488 (direct)
Fax :  (021) 8809950

Sales & Marketing Division

PT. Suzuki Indomobil Sales
Wisma Indomobil 7th Floor
Jl. M.T. Haryono Kav. 8
Jakarta 13330
Telp : (021) 8564530,
         (021) 8564540,
         (021) 8564550
Fax :  (021) 8564813

Service Division

PT. Suzuki Indomobil Motor
Jl. Tarum Barat, Jatimulya
Tambun - Bekasi 17510
Telp : (021) 8807407 ext 101
         (hunting)
Fax :  (021) 8807403

Langsung datang ke:
Dealer Resmi Suzuki Indonesia terdekat yang tersebar di seluruh Indonesia.

Lewat telepon:
Halo Suzuki —Bebas pulsa dan 24 jam siaga melayani

Lewat website:
Official Website Suzuki Indonesia, web: http://www.suzuki.co.id/
Official Website Suzuki Karimun WagonR, web:  http://www.suzuki.co.id/karimun_wagon_r/

Lewat media sosial:
Twitter @karimun_wagonr
Facebook Karimun WagonR

Suzuki Karimun WagonR, Lebih dari Cukup.





Referensi
  1. "National Media Test Drive : Karimun Wagon R Menjawab Kebutuhan Masyarakat Indonesia akan Mobil Ramah Lingkungan dengan Harga Terjangkau". Official Website Suzuki Indonesia . Diakses 2014-04-12.
  2. "National Launching KARIMUN WAGON R : Telah Hadir ‘KARIMUN WAGON R’, Mobil SUPER yang Ramah Lingkungan dengan Harga Terjangkau dari Suzuki"Official Website Suzuki Indonesia . Diakses 2014-04-12.
  3. "Suzuki Wagon R". Wikipedia. Diakses 2014-04-12.
  4. "The 21st Indonesia International Motor Show". Official Website Suzuki Indonesia . Diakses 2014-04-12.
  5. "7 Inovasi Suzuki Karimun WagonR Sebagai LCGC di Indonesia". Otosia.com. Diakses 2014-04-12.
  6. "7 Kelebihan Suzuki Karimun Wagon R". Autonetmagz.com. Diakses 2014-04-12.
  7. "Suzuki Karimun Wagon R Menonjol di POMS Kedua 2013". Info Transyogi. Diakses 2014-04-12.
  8. "Inden Suzuki Karimun Wagon R Masih 5.800 Unit". Autos Okezone.com. Diakses 2014-04-12.
  9. "Peluncuran Wagon R Diserbu Calon Pembeli". SuaraMerdeka.com. Diakses 2014-04-12.

4 comments:

  1. waaw.. spek sama desainnya kereeen, ada warna biru lagi :D
    ukurannya juga mini, suzuki inovasinya makin mantep emang kalo dikelas mobil (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang Suzuki Karimun WagonR harganya udah murah tapi kualitasnya egak murahan dan cenderung lebih dari cukup. Ramah lingkungan pula.

      Delete
  2. Wah detail! Suka juga sama warna ijo kodoknya, cerah. Haha. Semoga sukses lombanya!

    ReplyDelete