Friday, April 29, 2016

Sebarkan Pesan Positif Lewat Merchandise Kreatif CustomBagus




"Products are made in the factory,
but brand are created in the mind."
—Walter Landor

Sebagai pemanasan, main tanya jawab dulu yuk! Mudah kok pertanyaannya, menjawabnya tak perlu memakan waktu yang lama. Ini bukan ujian sekolah. Hehe! Sudah siap? Ajak temanmu juga deh untuk menjawab secara bersamaan, nanti di akhir pertanyaan kalian bisa saling mencocokkan jawaban satu sama lain. Yuk, kita mulai...


Tetot! Waktu habis! Sudah selesai menjawabnya? Bagi kamu yang menjawabnya dengan teman kalian, coba cocokkan jawabannya dulu. Apakah ada kesamaan? Saya yakin untuk pertanyaan pertama kalian akan merujuk pada merek berinisial "A", inisal "I" untuk pertanyaan kedua dan inisial "R" untuk pertanyaan terakhir. Kok bisa gitu? Di dunia marketing hal ini disebut sebagai brand yang "top of mind", maksudnya brand atau merek yang pertama kali muncul di benak kalian saat dikaitkan dengan produk tertentu.

Promosi adalah kunci utama untuk meningkatkan brand awarness dari suatu merek, sehingga pada akhirnya menjadi yang selalu diingat oleh masyarakat. Sekarang, telah banyak media promosi yang banyak digunakan oleh perusahaan atau brand. Salah satunya dengan produk promosi atau acapkali kita kenal dengan sebutan merchandise, yang menjadi senjata yang baik untuk menggaet perhatian pangsa pasar. Contohnya: kita sering mendapati suatu brand yang membagikan merchandise-nya secara cuma-cuma, umumnya berupa barang layak pakai. Payung beraneka warna, kaos bertuliskan tulisan persuasif, kalender dan masih banyak lagi lainnya.

Tak mau kalah dengan mereka, aku pun menjajal untuk membuat merchandise sendiri. Untuk apa? Sekedar bocoran saja, pada pertengahan tahun ini tepatnya saat ulang tahunku yang ke-19 aku akan meluncurkan blog baru. Asyik! Blog kali ini aku persiapkan dengan sepenuh hati; dari nama, desain template, alamat domain, filter foto, sampai gaya font yang dipakai. Waduh, banyak banget ya. Selain itu, berbeda dari blog-blogku terdahulu nantinya di rumah baruku tersebut aku ingin memiliki merchandise sendiri. Hitung-hitung untuk promosi gitu.

***

Pengalaman Membuat Merchandise Kreatif Bersama CustomBagus

Tepat sekali, saat sedang gundah gulana mencari tempat yang cocok untuk membuat merchandise. Aku bertemu dengan CustomBagus, penyedia layanan digital printing untuk kebutuhan promosi yang memiliki showroom Jl. Dr. Muwardi II No. 18, Grogol, Jakarta Barat. Meskipun berdomisili di Jakarta, aku yang di Surabaya masih dapat memesan di CustomBagus, kok. Cukup bermodalkan gadget berkoneksi internet, buka saja katalog online CustomBagus (http://www.custombagus.com/). Disana terpampang berbagai macam produk; alat tulis kantor, peralatan rumah tangga, hingga aneka produk hobi. Semua ada dalam satu tempat, totalnya mencapai lebih dari 100 produk. Lengkap banget!

Colorful: Tampak halaman awal website CustomBagus (http://www.custombagus.com/).

Lengkap: Beragam pilihan produk yang cocok sebagai kebutuhan promosi.
(Foto diambil dari website CustomBagus)

Sempat dibuat bingung dalam memilih produk, aku terbantu oleh customer service yang ramah dan tanggap meladeni setiap pertanyaanku. Saat itu, aku menanyakan bisa tidaknya memesan dalam jumlah satuan melalui live-chat-box yang tersembunyi di pojok kanan bawah website. Cukup sekali klik ikon laki-laki bernama "Bagus" yang mengenakan pakaian oranye dan headset di kepalanya, chat box pun muncul. Praktis sekali.

Beberapa produk ternyata dapat dipesan secara satuan... dan akan ada harga khusus bila memesan dalam kuantitas yang lebih banyak. Aku disarankan untuk memilih antara kartu nama, kaos DTG, case gadget, dompet atau mug yang dapat dipesan satuan. Olehnya aku juga dijelaskan tentang tata cara pemesanan di CustomBagus.

Pilihanku tertuju pada mug. Alasan utama mengapa aku memilih mug, yakni karena menurutku di mug terdapat space yang cukup untuk menempatkan desain --dapat berubah logo/identias brand kita. Mug juga salah satu item yang sering dipakai oleh kebanyakan orang. Aku pun menuju halaman tentang aneka ragam mug. Tak hanya satu mug yang aku temukan. Lagi-lagi aku dibuat bingung, satu per satu aku buka penjelasan produk. Secara detail dijelaskan di masing-masing produk perihal kualitas bahan yang diguanakan, estimasi pengerjaan dan harga yang ditawarkan. Aku pun memilih mug yang terkesan kreatif, unik dan berbeda! Merchandise kreatif, gitu ceritanya.


Proses pemesanan di CustomBagus dapat dilakukan secara online, kita hanya perlu menghubungi kontak yang telah tersedia di website tersebut. Aku memutuskan untuk memesan via email. Sesuai apa yang telah dijelaskan sebelumnya oleh customer service bahwa setelah mengirimkan email akan ada tim dari CustomBagus yang akan menangani pesanan kita lebih lanjut. Fenny Chan, begitulah nama yang tertera dari email tanggapanku tersebut. Beliaulah yang akan menangani pesananku.

Aku langsung mengirimkan desain yang akan di-input di atas media mug, aku disarankan untuk menyelesaikan pembayaran secara transfer. Kalian juga dapat membayar dengan sistem COD atau down-payment terlebih dahulu (S&K berlaku). Sempat beberapa kali berganti file desain akibat kesalahan format file dari akunya sendiri, akhirnya pesananku siap produksi.

Kurang dari seminggu, mug-ku tersebut datang juga. Harap-harap cemas saat pertama kali mendapatkannya dari bapak kurir yang mengantarkan. Pecah tidak ya? Pecah tidak ya? Dibukalah bungkusan plastik dan buble wrap yang menyelimuti pesananku. Terima kasih bubble wrap, berkatmu mugku tidak pecah. Hehe!

Fyi, hingga akhir Juni 2016 ini ada promo menarik di CustomBagus. Gratis Ongkir Seluruh Indonesia dan Garansi Harga Terbaik (S&K berlaku). Untuk keterangan lebih lengkap dapat diakses di: http://www.custombagus.com/promo_harga_terbaik

***

Merchandise Sebagai Media Promosi Sekaligus Penyebar Pesan Positif


Hitam: Terkesan sederhan namun memiliki keajaiban yang luar biasa. (Dok. Pribadi)

Tampak luar dari mug yang aku pesan di CustomBagus ini berwarna hitam pekat. Tampak sederhana sekali awalnya. Oh ya, aku terlewat menceritakannya. Mug yang aku pesan ini memang membuat awam terkecoh dengan tampilannya. Tetapi, sesaat setelah mengisi air panas ke dalam mug tersebut. VOILA! Suatu keajaiban akan terjadi. Sesuai yang tertera di website, mug ini dinamakan mug bunglon. Mengapa demikian? Sebab, mug akan berubah warna ketika diisi air panas dan menampakkan desain aslinya. Kreatif banget. Inilah yang membuat mug ini berbeda dengan mug-mug pada umumnya.

Kalau tidak percaya, coba putar video pembuktian berikut ini:



Menarik sekali, bukan! Tak hanya sebagai media promosi dari blog baru, saat mendesain mug ini terlintas pemikiran untuk membuatnya sesuatu yang berbeda. Untuk lebih menguatkan kesan "mug ajaib", aku sematkan kutipan dari presiden ke-16 Amerika Serikat, Abraham Lincoln. "Whatever you are, be a good one", begitulah bunyinya. Jadi, tak hanya sebagai media promosi semata tetapi sebagai media penyebar pesan positif melalui kutipan bijak.

Ajaib: Mug akan berubah warna ketika diisi air panas. (Dok. Pribadi)

Promosi: Mug juga dapat digunakan sebagai media promosi, lho! (Dok. Pribadi)

Meskipun terlihat begitu sederhana, bagiku kutipan tersebut memberikan warna lebih di hidupku. Hal ini yang ingin aku sampaikan ke orang lain juga. Tak peduli siapa pun kamu, tetaplah menjadi yang terbaik! Aku percaya melalui pesan positif tersebut akan menjadi reminder kita akan pentingnya berbuat kebajikan. Terlebih ketika diterapkan di media mug, kita selalu menggunakannya sebagai wadah membuat teh atau kopi panas. Menjadi penyemangat menyambut hari baru di pagi hari; atau menjadi penenang ketika sore.

Kedepannya tak hanya mug bunglon yang aku gunakan dalam merchandise-ku. Kaos glow-in-the-dark kelihatannya pun cocok juga. Unik! Dapat menyala ketika gelap. Ini juga tersedia di CustomBagus, lho. Atau di buku agenda yang kerap kali menorehkan catatan penting dalam hidup kita. Semakin banyak orang yang melihatnya, maka semakin banyak pesan positif yang tersampaikan. Dan tentunya semakin tenar brand dari blog-ku. Amin! 

***



Demikianlah ceritaku seputar merchandise kreatif bersama CustomBagus. Aku senang dengan mug tersebut, sesuai dengan ekspetasi saat awal memesan. Semoga dari merchandise tersebut nantinya dapat menjadikan blog baruku sebagai "top of mind" di dunia blogging, semoga saja. Tidak mau kalah dengan merek-merek yang di awal tadi kalian sebutkan!

Sedikit saran untuk CustomBagus, untuk website CustomBagus perlu di-input halaman khusus yang menyertakan informasi seputar profil perusahaan dan cara pembelian. Terlebih bila proses pemesanan dan pembayaran dapat dilakukan di satu tempat --website CustomBagus. Tapi, secara kesuluruhan manajamen pelayanan di CustomBagus sudah tanggap dalam melayani setiap kebutuhan promosi. Iya dong, tagline-nya saja "Solusi Promosi Andalan!". So, pasti handal!

Sekarang giliranmu untuk membuat merchandise kreatifmu sendiri. Terutama bagi para blogger seperti aku, bisa branding plus plus deh pokoknya!

"In business it's about people. It's about relationships." 
— Kathy Ireland











Lomba Blog: Inovasi Produk Bersama CustomBagus

12 comments:

  1. Mugnya lucuuuuu, kek aku *eh
    Penasaran sih pengen nyobain pesen di sini, btw gudlak!

    ReplyDelete
  2. Wooow, kreatif .
    Jadi pengin mugnya :)
    Semoga sukses ya

    ReplyDelete
  3. merchandise sekarang kreatif2 dan banyak rupa, kadang binggung milih nya

    ReplyDelete
  4. ada-ada idenya, tapi keren sangat kreatif :)

    ReplyDelete
  5. nice post
    yg suka anime silahkan kunjungi blog saya:
    Amagi Blog
    thx :)

    ReplyDelete
  6. nice info gan
    trims.
    http://www.dutarentalmedan.com/

    ReplyDelete