Friday, January 15, 2016

Bebas Berekspresi dengan Kreasi Kaos Utees.me




Tshirts can uplift, spark, and influence. They create joy, laughter, and inspiration. What you wear can change your world. Time to embrace the power of tshirts. Wear and share your expression.
— Utees.me (www.utees.me)

Bersifat universal, menjadikan t-shirt sebagai kebutuhan yang tanpa kita pungkiri wajib untuk dimiliki. Baik laki-laki maupun perempuan; tua, muda, hingga anak-anak pernah memakainya bukan? Termasuk aku. t-shirt telah menjadi seragam dinas sehari-hariku ketika di rumah. Dipadukan dengan jeans, kaos cocok untuk dipakai berpergian atau hangout bareng teman.

Lebih dari sebuah fashion item semata, t-shirt telah berkembang menjadi bentuk penyampaian ekspresi diri. T-shirt menjadi media yang tepat dalam berekspresi dan berkreasi. Budaya mengungkapkan ekspresi melalui t-shirt sendiri telah berkembang sejak tahun 1980-an. Hal ini menjadi peluang yang memicu para insan kreatif Indonesia untuk menelorkan platform kreatif yang memudahkan kita membuat custom tshirt. Utees.me, namanya. Sebagai website design tshirt online dengan konsep DESIGNPRINTSHARE, siapapun dapat menjadi desainer disana. Print tshirt terasa lebih mudah.

Mobile friendly: Untuk berbelanja di Utees.me dapat diakses secara mobile. (Dok. Pribadi)

Dari peramban gadget kesayanganku, aku buka situs Utees.me. Berkat desainnya yang mobile friendly membuatnya mudah diakses melalui smartphone. Terpampang berbagai design tshirt menarik dan unik yang dapat kita beli. Semua desain tersebut dihasilkan oleh tangan-tangan kreatif para desainer kaos. Dimana aku pun dapat berperan sebagai desainer. Membuat kaos sendiri, menarik sekali pikirku.

Eye-Catchy: Tampilan awal situs Utees.me (www.utees.me) versi website dengan slogannya "WEAR CREATIVE".

Sebab, tampilan mobile diperuntukan untuk berbelanja saja aku putuskan untuk beralih ke laptop. Setelah beralih, aku pun teringat niatanku untuk memberikan kejutan untuk mama yang tertunda pada saat peringatan Hari Ibu. Sayangnya hingga hari yang ditunggu tiba, niatanku tersebut tak kunjung terwujud.

"Ah, bagaimana jika aku membuatkan kaos untuk mama?", pikirku saat itu.

Selanjutnya aku terdiam, sesaat membayangkan seperti apa desain yang akan aku tuangkan ke dalam kaos nantinya. Tanpa berpikir lama, ide itu muncul mengalir begitu saja saat aku mendesain kaos melalui online tshirt creator. Sempat muncul perasaan cemas bahwasannya akan susah dalam menggunakan layanan ini. Tetapi, perasaan tersebut aku buang jauh-jauh saat mengetahui layanan tersebut mudah dalam pemakaiannya. Kita harus pintar memainkan elemen warna, grafis atau teks. Adanya pre-made template membantumu ketika kekosongan ide menyerang.


Usai membuat kaos untuk mama. Aku tak langsung menutup situs Utees.me. Seperti memiliki daya magnet yang kuat, aku tak henti-hentinya menulusuri halaman demi halaman Utees.me. Banyak hal menarik lainnya yang aku temukan disana. Tampilannya yang eye-catchy membuatku tak bosan melihatnya.

Aku mencoba menelusuri desain-desain kaos yang sudah ada sebelumnya. Dikelompokkan ke dalam 12 kategori memudahkan kita mencari kaos sesuai kepribadian kita. Mulai dari geek, music, sport hingga spirituality. Ada pula desain pilihan dan populer. Kita dapat membeli design kaos dari artis kenamaan, sebut saja Billy Davidson, Tjahjana Saphira, Ariyo Wahab. Kapan lagi, bisa beli kaos yang didesain langsung oleh sang artis. Gokil!

Social-Commerce: Tampak halaman profilku di Utees.me.

Oh ya, Utees.me tergolong social-commerce. Selain sebagai tempat berjualan, kita dapat berinteraksi dengan sesama pengguna lainnya. Setelah mendaftarkan diri kita ke akun Utees.me, kita akan memiliki halaman profil sendiri layaknya sosial media kebanyakan. Mengganti foto profil; merubah foto sampul; saling follow antar user; menyukai desain user lain dapat kita lakukan. Menariknya lagi, kita akan mendapatkan reward $1,11 per kaos bilamana desain kita terjual.

Lama aku berkutat di Utees.me, aku tertarik untuk memesan satu kaos lagi. GlowTeesMe, kaos yang dapat menyala dalam kegelapan. Ini diakibatkan adanya tambahan poliflex. Kaos ini hanya dapat dipesan melalui Line/Whatsapp, sangking penasarannya aku langsung menghubungi pihak Utees.me. Melalui Line Utees.me, aku disambut dengan ramah oleh customer service mereka. Desain Stormtrooper aku pilih, aku sangat menyukai karakter di film Star Wars ini.

Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, estimasi pengerjaan dan pengiriman memakan waktu 3-5 hari sesuai informasi yang tertera di Utees.me. Benar saja, 3 hari kemudian kaos tersebut tiba di rumahku yang berada di Surabaya. Terbungkus rapi dengan kertas cokelat dengan lambang "U" berukuran besar di depannya. Asyiknya lagi ongkos kirimnya gratis (seluruh Indonesia), cuma dengan registrasi akun di Utees.me.

A photo posted by Rosiy Wibisono (@rosiywibisono) on

Glow-In-the-Dark Tshirt: Poliflex menyebabkan kaos ini dapat menyala dalam kegelapan. (Dok. Pribadi)

Sempat terjadi masalah saat pengiriman paket sebenarnya akibat kesalahan dalam penulisan alamat rumah, namun dengan sigap pihak Utees.me dapat menyelesaikan masalah tersebut dan memberikan konfirmasi.

***

Hari yang dinanti tiba, pagi-pagi aku membangunkan mama untuk memberikan kado. Dibukanya kotak kado berwarna pink, lengkap bersama pita dengan warna senada. T-shirt berwarna watermelon pink dengan paduan teks dan clipart yang telah tersedia di Utees.me langsung dikeluarkannya. Tampak sumringah wajahnya, jarang melihatnya sebahagia ini.

Hadiah Kecil Untuk Mama: Kaos ini menjadi perwujudan ekspresi cintaku ke mama. (Dok. Pribadi)
Berusaha yang Terbaik: Semalam sebelum diberikan, aku persiapkan kado untuk mama. (Dok. Pribadi)
A Letter to Mom: Surat perwakilan perasaan hatiku selama ini, thanks mom! (Dok. Pribadi)

Aku mendesain kaos dengan dua sisi, depan dan belakang. Pada bagian depan aku sematkan doodle seorang perempuan dan tulisan "Best Mom Ever" yang menjadi representasi mamaku yang selama 19 tahun ini selalu menemani hari-hariku, serta doodle berlambang hati sebagai ekspresi cintaku kepadanya. Quotes tentang keluarga dan doodle keluarga kecilku aku sematkan pada bagian belakang.

Dibacanya postcard message yang tersisip bersama kaos. Dengan layanan order as a gift, nantinya kaos akan dikirim bersama postcard message berisikan pesan yang sudah kita tulisan saat melakukan checkout pembayaran. Hari itu juga, langsung dipakainya kaos yang aku berikan. Warnanya cocok sekali untuknya, bagiku beliau tampak lebih muda saat memakainya.

Tentang Keluarga: Tak ada yang dapat menggantikan arti sebuah keluarga. (Dok. Pribadi)
Tampak Bahagia: Melihatnya bahagia, aku pun bahagia. Senangnya!

"Kaose apik, enak digawe. Suwun, le! Kaosnya bagus, enak dipakainya. Terima kasih, nak!", ucapnya.

Finally, misi memberi kejutan untuk mama berjalan sukses. Alhamdulillah...

***

Aku sangat berterimakasih dengan keberadaan Utees.me sangat membantu dalam menuangkan ekspresi dan kreasi kita di atas kaos. Harganya terbilang terjangkau dengan kualitas yang mumpuni. Kaos yang kita pesan menggunakan bahan cotton combat 20s, teksturnya halus dan kuat dengan rajutan rapat.

Menggunakan teknologi pintar printer DTG (Direct to garment). Desain di kaosnya terlihat jelas dan tajam.  kita dapat dapat memesan kaos tanpa minimun order dengan waktu pengerjaan yang cepat. Tersedia 3 model kaos (regular, female, kids) yang dapat dipilih dengan 10 varian warna.

So, what are you waiting for? Sekarang giliranmu untuk membuat custom tshirt-mu sendiri. Let's design your own tshirt!

Begitulah pengalamanku membuat kaos di Utees.me. Menyenangkan. Mungkin, kedepannya online tshirt creator perlu dikembangkan fitur "undo-redo". Secara keseluruhan, Utees.me sudah bagus banget! Aku percaya bahwa Utess.me dapat go international, ini terbukti dari penggunaan bahasa Inggris secara keseluruhan dalam website Utees.me dan jumlah nominal pembayaran dapat dikurskan ke mata uang dollar. Juga, melayani pengiriman internasional.

Your best T-shirt should be like your bed; it just feels like you are home when you are in it.— Ashton Kutcher

39 comments:

  1. Langsung tertarik aku gan sama Utees.me, langsung meluncur ke TKP. Thanks infonya gan!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kak, jangan lupa order sekalian ya hehehe :D

      Delete
  2. Kebetulan lagi nyari referensi buat kaos seragam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kebetulan jika di Utees.me ada fitur Bulk Order. Nanti bisa dapat diskon kalo beli banyak kak...

      Delete
  3. Konsep brandingnya unik banget, customer bisa desain sendiri sekaligus menjual desainnya. Nice stuff.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ...dan yang paling penting #AsliIndonesia kak!

      Delete
  4. Hadiah manis untuk yang tercinta...

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Kakaknya kalo ketemu ibunya jangan lupa kasih custom tshirt Utees.me juga ya!

      Delete
  6. Aku baru tau kalau di uteesme ada kayak socmed juga. Berarti seru juga ya.. Ditambah lagi dapat komisi kl desain kaos yg kita buat terjual. Asyiikkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. So, buruang main ke Utees.me kak. Let's design your own tshirt!

      Delete
  7. uteesme keren bener, muncul dimana2.. jadi pengen daftar juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kakak, menarik banget loh Utees.me itu

      Delete
  8. Keren Ros kaosnya! Apalagi punya mamamu, lucu abis.

    ReplyDelete
  9. Keren kaosnyaaa, mampir yu ke blog sayaaa juhariblog

    ReplyDelete
  10. wah, keren banget desain yang dipilih untuk mama, selamat yaaaa

    ReplyDelete
  11. SELAMATTTT !!!!!!

    Tuhan ngebalas niat mulia elu broo ,, ngasih kado buat mama. Dapat balasan puluhan kali lipat.

    MacBook brooo

    Once Again, Congratzzzz

    ReplyDelete
  12. so sweet banget, bisa romantis juga ternyata hihi....salut kalo ada cowok yang selalu inget IBUnya :)

    ReplyDelete
  13. Sweeeettt banget kamu deeek...

    Ya Allah, semoga Sidqi juga bisa meneladani shalih-nya Dek Rosiy

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  14. Aih keren...jadi hadiah buat ibu ternyata kaosnya ^_^

    ReplyDelete
  15. Keren...pantesan jadi juara...untuk mama tercinta...

    ReplyDelete
  16. Ih, cara buat foto hidup persiapan kado buat mama gimana cara? Bagi ilmunya dong 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu buatnya kaya buat stopmotion Mbak, tapi hasil akhirnya aku jadiin .gif pake Photoscape. Tutorialnya menyusul Insya Allah.

      Delete
    2. Ditungguuu tutorialnya yaaa rosiy. Ehhh sekarang kog jarang nongol di grup? Pusing ya sama obrolan nenek2? Hahahaha *peace

      Delete
  17. Replies
    1. Bener banget mbakk.... waht a lovely present for Mother... sederhana tapi istimewa

      Delete
  18. Selamat,rejeki anak sholeh.dapat macbook

    ReplyDelete
  19. Selamat...kece euy artikelnya..:))

    ReplyDelete
  20. Semoga nanti anakku gedenya juga so sweet sama ibunya..hehe.salam kenal mas

    ReplyDelete
  21. keyeeeeeennnnnn..... surat mama romantis banget :)

    ReplyDelete
  22. kontennya ciamikk sekali..selamat ya sudah menang..

    ReplyDelete
  23. Senangnya lihat anak muda yg pandai menyenangkan hati orang tuanya.

    Selamat ya, tulisan ini menang. Keren bingits lah dpt macbook, dek

    ReplyDelete
  24. Kereeeennnnn... mamanya sampai mau foto juga waw

    ReplyDelete