Monday, September 22, 2014

Trans Studio Makassar, Saling Menghubungkan!

Hubungan antar manusia dapat dilakukan kapan saja, dimana saja. (Sumber: Pinterest)

Pernahkah kalian mendengar istilah 'Six Degrees of Separation'? Pasti banyak di antara kita yang pernah mendengar istilah tersebut bukan, namun kita tak pernah tahu apa maksud sebenarnya dari istilah tersebut. 'Six Degrees of Separation' atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan 'Enam Tingkat Pemisahan' itu sendiri merupakan suatu teori dimana seseorang untuk mencapai orang lain yang tidak dikenalnya dibutuhkan rata-rata enam orang yang saling terkait dan saling mengenal agar bisa menghubungkan mereka berdua. Teori ini dikemukakan oleh Frigyes Karinthy dan dipopulerkan oleh sebuah drama besutan John Guare.

Percaya atau tidak, memang secara harafiah terlihat fiktif teori tersebut. Namun secara tidak langsung kenyataannya teori tersebut benar ada keberadaannya. Perusahaan teknologi sebesar Microsoft pun pernah melakukan studi yang dimana didapatkan hasil bahwasannya di antara dua orang yang sama sekali asing satu sama lain dapat terhubung. Pendekatan akurasinya adalah 6,6 level hubungan yang akan menghubungkan siapapun kita dengan orang yang tidak kita kenal. Hal ini didapatkan dari milyaran pesan elektronik yang mereka pelajari.

Pepatah pun menyebutkan 'Dunia tak selebar daun kelor', memang benar. Kita pasti pernah merasakan suatu keadaan dimana 'dunia itu sangat sempit' dalam artian kita akan mengenal orang baru dari orang yang telah kita kenal. Kita sebagai manusia, sekaligus makhluk sosial mau tidak mau pasti akan menerima kenyataan bahwa hubungan antar manusia sangat dibutuhkan. Masa iya kita dapat hidup berdiri sendiri tanpa sokongan orang lain, mustahil sekali. Hubungan antar manusia pertama kali terjadi saat kontak dengan orang tua saat kita masih kecil. Orang tua menjadi media pertama kita untuk saling berhubungan dengan orang lain. Berlanjut ke masa anak-anak saat kita asyik bermain-main dengan rekan sebaya, hingga hubungan tersebut berkembang terus-menerus tak pernah ada batasannya.

Jaman yang serba mudah ini, hubungan dengan sesama manusia tak lagi seribet apa yang nenek moyang kita pernah lakukan. Dengan kecanggihan teknologi, kita dapat berkomunikasi dengan orang lain tanpa memandang jarak asalkan sama-sama memiliki teknologi serupa. Kita dapat melakukan komunikasi tanpa harus jauh-jauh mendatangi tempat mereka berada, hemat tenaga dan waktu bukan? Meskipun begitu, tak lengkap rasanya dalam hubungan antar sesama bila kita tak melakukan kontak langsung melalui sebuah pertemuan. Tempat-tempat publik seperti mall, cafe, restauran, taman kota, dan sebagainya menjadi tujuan utama kita untuk sekedar kopi darat atau melepas kangen semata.

Di Makassar contohnya, terdapat suatu tempat wisata terpadu yang dapat menggabungkan semua kebutuhan yang kita butuhkan. Namanya: 'Trans Studio Makassar'. Sebuah wahana permainan indoor (indoor theme park) terbesar kedua di Indonesia setelah wahana serupa yang berada di Bandung.  Kembali lagi ke topik hubungan antar manusia, di tempat ini kalian dapat melakukan suatu interaksi antar sesama. Kalian dapat beramai-ramai mengunjungi tempat tersebut bersama sanak keluarga, teman, pacar, rekan kantor, dan orang-orang terdekat kalian. Bisa saja di tempat ini kalian bertemu dengan orang-orang yang lama tak bertemu atau bahkan kalian dapat menambah relasi baru. Siapa tahu?

Makassar sendiri diketahui sebagai pintu gerbang Indonesia Timur sekaligus pusat jalur Indonesia Barat dan Timur, serta di antara jalur Australia dan Asia. Tak pelak menjadi alasan mengapa Makassar dipilih menjadi lokasi Trans Studio ini, mengingat letaknya yang strategis dan menjadi jalur penghubung perdagangan. Sedangkan pertumbuhan ekonomi dari kota ini sangat pesat melebih rata-rata tingkat pertumbuhan Indonesia dan menjadi pertimbangan berbagai pihak.

Peta lokasi wahana permainan Trans Studio Makassar. (Sumber: Wikipedia)

Dengan lahan seluas 2,7 hektar, Trans Studio Makassar menyuguhkan 21 wahana permainan yang terbagi dalam 4 kawasan dengan tema yang berbeda dan unik. Diantaranya: Studio Central, Lost City, Cartoon City, dan Magic Corner. Disini mimpi pengunjung seolah dibawa menjadi kenyataan, bertemu langsung dengan karakter idola yang hanya dapat disaksikkan dari layar televisi, From TV to Reality. Di area Studio Central kalian akan menemukan suasana bak Hollywood, lengkap dengan walk of fame serta beberapa orang yang berdandan ala artis kawakan di pusat negeri hiburan tersebut. Disini kalian juga akan dibawa kembali ke Hollywood era 60-an dengan arsitektur yang menawan. Kalian dapat berhubungan langsung dengan idola favorit kalian, Marlyn Monroe misalnya.

Kini saatnya untuk berpetualang! Di area Lost City kita ditantang untuk menempuh perjalanan yang hebat dengan misi menyelamatkan kru Trans TV dalam ekspedisinya. Melewati hutan rimba dalam safari track. Selanjutnya kalian akan dibawa menuju dunia kartun nan pernuh warna-warni di Cartoon City. Di area ini kita seakan-akan dibawa bertemu langsung dengan karakter-karakter favorit kalian. Eitss.... Jangan lupa menyiapkan kamera kalian untuk mengabadikan setiap istimewa di dunia penuh tawa. Terakhir, sebuah keajaiban dimulai di area Magic Corner. Sentuhan magis akan menemani perjalanan anda selama di area ini.



(Sumber: Youtube)

Tak hanya dari wahana permainan saja yang tersedia Trans Studio Makassar ini, untuk lebih merekatkan hubungan antar sesama di tempat ini juga disediakan beberapa cafe dan restoran kenamaan. Saat lelah selepas bermain atau perut lapar tiba kita dapat mengunjungi cafe dan restoran yang tersedia di area tersebut. Kita dapat bercengkerama satu sama lain disini. Oh ya, semua pembayaran di area Trans Studio Makassar itu menggunakan kartu Studio Pass, kartu ini jug dapat di top up bila nominal di dalamnya telah habis dan asyiknya lagi berlaku untuk seumur hidup.

Setelah bermain melepas canda tawa bersama di Trans Studio Makassar, tak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi Trans Studio Mall Makassar yang letaknya satu area dengan Trans Studio Theme Park. Mall berlantai 5 ini merupakan sebuah pusat perbelanjaan berkelas dunia, didalamnya terdapat tenant-tenant yang siap menyuguhkan barang-barang branded. Misalnya, Mango, Hugo Boss, Prada, Aigner, dan masih banyak lagi, serta beberapa toko eletronik yang menyuguhkan kebutuhan gaya hidup masa kini. Di mall seluas 55.000 meter persegi ini juga menyediakan pusat kuliner terlengkap, dengan pilihan beberapa restoran yang berada di Gourmet Imporium.

Trans Studio Mall Makassar. (Sumber: Trans Studio World)


Selain itu, mall ini juga menyediakan bioskop dan tempat karaoke dengan teknologi yang mumpuni. Bisa dibayangkan bagaimana lengkapnya mall ini, dengan menggabungkan konsep lifestyle dan entertainment dalam satu packaging yang lengkap. Untuk kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi melalui hypermarket dengan produk-produk yang berkualitas di mall ini.

Menarik bukan? Di Trans Studio Makassar kalian tak hanya dapat menjalin hubungan antar sesama manusia saja, tapi juga dan mengkoneksikan kebutuhan manusia dalam hal hiburan, gaya hidup, dan masih banyak lagi. Kalian juga dapat menghabiskan waktu liburan kalian disini, dijamin seru deh. Mungkin saja disini teori 'Six Degrees of Separation' benar-benar kalian alami. Siapa tahu ternyata orang yang tak pernah kalian kenal dan kalian temui di Trans Studio Makassar ternyata memiliki hubungan dengan kalian melalui rata-rata enam pihak. Sehingga koneksi terjalin semakin luas.

Sebelum mengunjungi Trans Studio Makassar disarankan kalian untuk menyesuaikan dengan Calendar of Event yang tengah berlangsung. Contohnya pada bulan September ini terdapat rangkaian acara menyambut ulang tahun Trans Studio Mall Makassar ke-4. Acara tersebut diantaranya selfie contest, blog competition, close submit blog, press conference, launching new website, meertand share with sosmed seleb, layangan bareng, pet show, baby race dan masih banyak lagi selama satu bulan penuh. Semua rangkain kegiatan tersebut memiliki satu tema yakni 'Connected', dimana tema tersebut ternyata terinspirasi dari teori 'Six Degrees of Separation' yang sebelumnya telah disampaikan secara panjang lebar. Semua rangkaian tersebut bertujuan sebagai media berkumpul untuk share, eksis bersama, dan terhubung langsung dengan orang lain tanpa adanya halangan.

Dari segi manajemen pemasaran sendiri, Trans Studio menerapkan konsep 'Connecting with Customers' melalui beberapa poin diantaranya: Ketersediaan fasilitas hiburan dan kegembiraan dalam suatu wahana yang menarik; Interaksi dengan pengunjung pun menjadi poin penting dalam membangun konsep Trans Studio, melalui pelayanan yang tanggap dalam menghadapi customer seputar pembelian tiket maupun informasi seputar tempat ini, ada juga penawaran khusus untuk memudahkan menikmati setiap sisi di Trans Studio tanpa harus ribet melalui VIP Access Trans Studio, terakhir selalu ada penawaran khusus baik secara berkala atau eventual dari Trans Studio untuk memanjakan pelanggannya.

Kedepannya di area Trans Studio Theme Park dan Trans Studio Mall ini juga segera dibangun dua hotel internasional berbintang 5 dan 3, juga residential apartment serta marina dalam sebuah konsep Trans Studio Resort. Digadang-gadang menjadi resor terluas dan terbesar di kawasan Indonesia Timur dengan lahan sebesar 24 hektar. Menakjubkan! Semoga benar-benar terwujud ya.

Semoga Trans Studio Makassar selanjutnya dalam hal penyediaan paket perjalanan yang lengkap mulai dari akomodasi, tiket perjalanan, tiket masuk wahana, dan beberapa penawaran menarik lainnya dalam satu paket kesatuan dapat disosialisasikan lebih baik lagi. Paket ini tentunya dapat memudahkan pengunjung dalam menikmati wahana yang tersedia di kawasan terpadu ini. Jadi pengunjung tidak harus bersusah payah mengurus si A, si B, dan si C semua terakomodir dalam sebuah paket perjalanan Trans Studio Makassar. Kerjasama dengan maskapai penerbangan atau biro wisata tertentu yang akan membuat semua orang dapat berkunjung dan berlibur dengan mudah. Jumlah pengunjung pun dapat meningkat drastis dan mampu meningkatkan perekonomian serta menjadi modal pengembangan Trans Studio kedepannya. Amin.

Tak lupa semoga Trans Studio dapat memperluas cabangnya tidak hanya di Makassar dan Bandung saja, tapi juga di kota-kota lain. Bahkan dapat membuat Trans Studio berdiri megah di negara lain, tak kalah dengan Universal Studio atau Disneyland. Dan di pertambahan usianya ini, Trans Studio Makassar diharapkan dapat lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari segala ruang lingkup yang ada, entah di Theme Park maupun di Mall hingga dapat mengakomodir segala kebutuhan manusia dan meningkatan konektivitas antar manusia. Selamat ulang tahun!

Kalian dapat terhubung dengan Trans Studio Makassar melalui:
      Bagi kalian yang ingin mengunjungi langsung Trans Studio Makassar silahkan datangi alamat berikut:  Jalan H. Dg. Patompo, Metro Tanjung Bunga, Makassar

      Akhir kata mengutip perkataan dari penulis Amerika kenanamaan, Deepak Chopra. Beliau mengatakan:
      "Giving connects two people, the giver and the receiver, and this connection gives birth to a new sense of belonging. (Memberi koneksi dua orang, antara pemberi dan penerima, dan koneksi ini akan melahirkan sebuah rasa baru yang saling memiliki.)"




      Sumber referensi:
      1. Misteri Six Degrees of Separation: Apakah Saya Terhubung Dengan Anda? http://darinholic.com/misteri-six-degrees-of-separation-apakah-saya-terhubung-dengan-anda.html
      2. Enam Tingkatan Pemisahan http://id.wikipedia.org/wiki/Enam_tingkat_pemisahan
      3. Tentang Trans Studio Theme Park Makassar's very own Theme Park. From TV to Reality. http://www.transstudioworld.com/theme.html
      4. Trans Studio Mall http://www.transstudioworld.com/walk.html 
      5. Ini Rangkaian Ulang Tahun Trans Studio Mall Makassar http://makassar.tribunnews.com/2014/09/11/ini-rangkaian-ulang-tahun-trans-studio-mall-makassar
      6. Trans Studio Resort http://www.transstudioworld.com/resort.html
      7. Trans Studio http://id.wikipedia.org/wiki/Trans_Studio
      8. Trans Studio Makassar http://id.wikipedia.org/wiki/Trans_Studio_Makassar
      9. Marketing Management Trans Studio http://www.slideshare.net/garditya/marketing-management-trans-studio

      16 comments:

      1. Beuhhh lengkap bener, nanti klo diundang siap ke makassar gak? Akomodasi ditanggung gak ya? Belum pernah ke transtudio nih. Padahal sering ke bandung hehe

        ReplyDelete
        Replies
        1. Masih lengkapan punya kakak deh. Kalo diundang sih siap, kan jiwa tukang keliling. Nah itu masalahnya, aku gak ada duit buat akomodasinya hehe. Aku juga:D Kepo ah, semoga bisa ketemu lagi dan gratisan *eh

          Delete
        2. apalagi saya mbak, nggak pernah ke sana juga gak di bandung dan makasar :D

          Delete
      2. Hai Salam Kenal ^^
        Vist Back http://www.dhoooes.com/

        ReplyDelete
        Replies
        1. Hai juga, salam kenal kembali^^
          Siap meluncur ke TKP!

          Delete
      3. Keren liputannya. Saya suka sama bahasanya yang sangat informatif banget. Kayaknya saya harus belajar bahasa Indonesia lagi.

        ReplyDelete
        Replies
        1. Makasih kakak:)
          Perlu itu, meskipun bahasa Indonesia udh jadi bahasa resmi tp tetap aja kalah pamor sama bahasa daerah.
          Jadi kadang bingung buat milih kosa kata yang pas hehehe.
          Sama2 belajarnya yaak....

          Delete
      4. Pengin coba Trans Studio, hih! Pindahin ke Pekanbaru sih, ah. Hahahaha.

        ReplyDelete
        Replies
        1. Ah gamau di Pekanbaru dulu, di Surabaya aja dulu ah:D Hahahaha

          Delete
      5. Aku aja yang di Bandung belum pernah ke Trans Studio Bandung hahahaha... udah malas sama wahana uji nyali gitu, faktor U kali ya :D By the way soal six degrees itu aku kadang suka heran lihat temen-temen FB, kok si ini berteman sama si anu, padahal aku kenal masing mereka itu di tempat/sekolah yang beda. Eh, terhubung di FB. Suka saling tanya juga, kok kenal dia? Kenal di mana? hehehe Indonesia banget, ya. Super Kepo.

        ReplyDelete
        Replies
        1. Apalagi aku ya yang di Surabaya mehehe.
          Iya nih, dunia berasa sempit banget.

          Delete
      6. trans studio yg di Makassar kan yg pertama yaa, pantas aja lengkap gitu, kalo ke Makassar mungkin wajib pake banget harus kesana...

        ReplyDelete
        Replies
        1. Iya kak yang pertama di Makassar itu, btw kalo kesana ajakin dong:D

          Delete
      7. Trans studio yg di Bandung masih lebih besar daripada di Makassar ya..

        Hebat ya, trnyata trbesar di Indonesia

        ReplyDelete
      8. QUANTUM BINARY SIGNALS

        Professional trading signals sent to your mobile phone daily.

        Start following our signals NOW and earn up to 270% per day.

        ReplyDelete