Thursday, January 9, 2014

Begini, Begitu #cuapcuap

BERAWAL7JAN14


waktu mau ke sekolah - Pagi sekali gue bangun dari dekapan kasur yang mesra. Terbangun dengan beban wawancara yang segera di siang ini, badan terasa berat. Yah, wawancara untuk menjadi Kompas MuDa Volunteer Batch V -simak lagi Begini, Begitu #telephone-. Mandi, sarapan, ganti baju, langsung otw sekolah. Di tengah perjalanan gue inget2 apa aja materi yang harus dibawa wawancara. *buka-buka tas* Surat pernyataan bokap -udah-; Softcopy CV -udah- (tinggal diprint); Hasil Karya? -belum-. Oh keinget kalo gue belum nyiapin hasil karya gue sama sekali. Keringet dingin bercucuran dengan sendirinya, takut waktu gacukup untuk buat hasil karya.

waktu di sekolah - Tumben gue egak telat? Masa iya? Biasanya sih gue tukang telat. Ya syukur deh...ini hari spesial banget gue gaktelat dan kena hukum.Abis masuk lab. komputer bukannya langsung mulai fokus pelajaran, eh gue langsung ambil Hp. Whatsapp-in kakak kelas yang pernah ikutan. Dia kasih banyak saran. Cukup membantu sekali di tengah kebuntuan gue dalam siapin wawancara ini hari.

Dari tiga opsi yang dikasih, ada grafis, foto, sama tulisan. Ketiganya sih gue bisa semua, tapi waktu aja yang mendesak gue untuk berfikir dua kali untuk mengerjakan semua karya tersebut.Pelajaran hari ini pun diisi dengan membuat sketsa rencana denah rumah buat tugas rumah satu bestek -maklum, gue anak SMK Gambar Bangunan- Tugas itupun gue kerjain cepet banget. But, di-acc juga sama gurunya. Alhamdulillah.....ternyata tuhan denger kalo gue lagi butuh waktu banyak buat ngerjain karya buat wawancara.

Pertama, pinjem laptop temen buat nuli tulisan bebas gitu. Banyak referensi yang gue dapet hasil browsing semalem. Gue rangkai kata-kata yang agak maksa puitisnya bahkan agak terlalu ribet buat dimengerti. Gue ambil tema seputar pemuda, judulnya "Menjadi Muda yang Tak Biasanya". Isinya tentang motivasi menjadi pribadi yang lebih baik dan tidak menyia-nyiakan masa mudanya. Sempat ditegur guru sih, gara-gara ngerjain ini tulisan, tapi gue yang rajin udah nyelesain tugas jadi gue bisa lanjutin buat ini tulisan sampai ending.

Kedua, pake laptop temen lagi buat poster. Install font>Install shape>Cengo.Gue masih bingung buat apa, buat typography atau apaan enaknya? Gue yang demen buat tulisan simple tapi wow looking, memutuskan untuk membuat typography aja. It's so simple! Yaudah gue mulai browsing di internet quote tentang pemuda, gue inget quotenya Bung Karno yang fenomenal tapi gue lupa detailnya. Akhirnya I found it, "1000 orang tua hanya bisa bermimpi, 1 orang pemuda dapat mengguncang dunia". Tanpa babibu lagi, gue mulai otak-atik font, shape, color yang bakal gue pake. And finally gue menyelesaikan poster gue. Agak seneng sih, soalnya liat jam dan nunjukin kalo waktu wawancara masih lama.

Dikumpulkan hardcopy bukan softcopy, gue mulai bingung lagi. Hari ini gue banyak bingungnya perasaan. Meskipun sekolah gue seluas sekitar 5 ha tapi nemu printer gratisan aja gak ada -iyalah mana gratisan hari gini-. Sekretariat OSISpun gue sambangi, dan seneng bisa nemu printer juga. Pas gue buka data gue ceritanya masih seneng banget gratis gituloh ngeprint. *data lagi printing* Jantung gue kayak ketusuk belati ngeliat hasil printer yang it's not good tersebut. Seneng gue pun hilang seketika.

-ceritanya- Ini gue bingung. Tapi gue ceritanya gajadi cewek juga.


Gerimis keroyokan dateng tanpa pamit di siang hari yang terik. Basah-basahan menerjang guyuran air dari langit, berjalan menuju suatu percetakan yang lumayan jauh dari sekolah gue, tepatnya jauh banget. Bertemu dengan petugas printing, gue kasih file gue. Seneng lagi deh gue, akhirnya dapet printing yang jelasnya meskipun bayar. 1 menit.....5 menit.....10 menit......Print gue belum selesai. 15 menit.....17 menit.....Gue lihat orang di sebelah gue udah selesai ngeprint dengan kapasitas yang banyak. 19 menit.....20 menit berlalu.....Petugas itupun kembali, dengan bawa hasil printing gue. Dan lo tau? Gue sebel banget. Harus nunggu 20 menit di printing yang gede, soalnya di ruko. Padahal gue cuma ngeprint 4 lembar doang, full color sih tapi ukurannya cuma a4. Nyesek.

Liat jam lagi, dan gue pesimis dateng disana tepat waktu. Janjian kemaren jam setengah lima, sedangkan jam 4 gue masih belom otw. Mati gue! Agak apes ya hari ini, meskipun awalnya fine aja. Naik angkot> turun di halte> naik bis> turun di jalan> dan gue gaktau harus kemana, gue aja gatau kantornya Kompas dimana, taunya cuma daerah sekitarnya doang. Dengan modal tanya-tanya dan berjalan kaki bareng sohib gue, si Rafi, sekitar sekilometeran akhirnya gue sampai.Jam udah setengah enam aja, telat satu jam deh ceritanya.

Abis sampai di kantor Kompas Muda, gue ga buru-buru naik ke lantai tiga tempat interview. Gue belok ke toilet dulu biar kelihat ganteng sedikit, iya sedikit banget. Dengan muka yang agak fresh gue naik lagi deh, kantor mulai sepi. Bahkan udah gue kira tutup, gue pun bingung mau kemana lagi. Ruangan redaksi -mungkin- gue masuki dengan lancangnya, gue takut udah pada pulang sih. "Permisi, saya mau interview Kompas Muda", sapa gue. "Iya silahkan tunggu dulu", balas seorang mbak mbak. Gue duduk di ruang tunggu deh. Pasrah bakal diinterview apa egak soalnya udah telat banget. "Silahkan tempat interviewnya di ruang rapat, jalan lurus terus belok kiri", gue pun langsung ninggalin temen gue dan menuju tempat yang disambut. Duduklah gue di ruang rapat kantor tersebut, dan gue agak ngacang atau bahkan dikacangi. "Maaf dek, kamu duduk disitu!", serga seorang bapak sekitar umur 30an. Agak familiar sih wajahnya tapi gue lupa sapa dia. "Oh ya maaf pak", bales gue. Gue pun pindah duduk........dan wawancara pun dimulai.

Bersambung........ #cuapcuap (2)